free html hit counter

Warga Rusia Berendam Air Es Rayakan Hari Epiphany

BeritaBintang –   Ribuan umat Kristen Ortodoks Rusia, memperingati Hari Epiphany, Selasa 19 Januari 2016 waktu setempat, dengan menceburkan diri dan berendam di kolam air es.

Berbagai warga Rusia di seantero Rusia, melakoni hal serupa, di mana kolam yang akan jadi tempat mereka menceburkan diri, diberkati terlebih dulu oleh pendeta setempat masing-masing.

Ritual ini dianggap sebagai salah satu cara untuk para umat Kristen Ortodoks, membersihkan diri dari segala dosa yang dilakukan selama setahun terakhir.

“Ritual ini merupakan pembersihan diri dari dosa-dosa selama setahun. Pembersihan dari dosa dan setan,” ungkap umat Kristen Ortodoks asal St. Petersburg, Evgeny Tsvetkov.

“Ritual ini bagian penting dari keyakinan kami,” tambahnya, sebagaimana disitat Bioskopsemi , Rabu (20/1/2016).

Di Ibu Kota Rusia, Moskva, otoritas setempat menyediakan 60 situs kolam es yang punya suhu rata-rata minus 10 derajat celcius untuk para warganya.

Ritual ini tak hanya dilakukan di Rusia saja. Para tentara Rusia yang tengah bertugas di Suriah juga disediakan kolam-kolam karet yang berisi air es oleh Kementerian Pertahanan Rusia.