free html hit counter

Warga Meksiko Serbu Stand Indonesia di FCA 2016

BeritaBintang –  Ribuan warga Mexico City menyerbu stand Indonesia dalam pagelaran “Feria de las Culturas Amigas (FCA) 2016” atau Festival Kebudayaan dan Persahabatan Meksiko 2016.

FCA 2016 merupakan festival tahunan yang digelar oleh Pemerintah lokal Ibu Kota Meksiko tersebut yang pada awalnya, bertujuan untuk membangkitkan kembali pariwisata di Mexico City yang semula seperti kota mati akibat menyebarnya virus AH1N1.

Ternyata saat pertama digelar pada tahun 2009, FCA mengalami kesuksesan sehingga menjadi agenda rutin tahunan Pemerintah Mexico City yang diikuti oleh negara-negara sahabat dari lima benua, termasuk Indonesia.

Warga Meksiko Serbu Stand Indonesia di FCA 2016

FCA 2016 yang berlangsung dari tanggal 21 Mei sampai dengan 5 Juni 2016 kali ini, diikuti oleh sekitar 100 perwakilan negara sahabat dengan lokasi festival berada tepat di pusat Mexico City, yaitu di Plaza de la Constitución atau yang biasa disebut Zócalo.

Dalam FCA 2016 tersebut, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Mexico City memfasilitasi sejumlah pelaku usaha dan masyarakat Indonesia yang menetap di wilayah Meksiko dan sekitarnya, untuk turut serta memperkenalkan produk kerajinan dan makanan khas Indonesia.

Menurut salah seorang pelaku usaha asal Indonesia yang turut berpartisipasi dalam FCA 2016, Rini Sitompul, animo masyarakat Meksiko terhadap produk-produk kerajinan dan makanan yang disajikan di stand Indonesia sangat luar biasa.

Dalam sehari setidaknya dua ribuan warga Meksiko berdesakan mengunjungi stand milik Indonesia. Jumlah tersebut akan bertambah beberapa kali lipat menjelang akhir pekan.

Warga Meksiko Serbu Stand Indonesia di FCA 2016

Lebih lanjut Rini menuturkan, seluruh barang-barang kerajinan dan makanan yang ditampilkan di Stand Indonesia yang bertajuk “Wonderful Indonesia” itu, didatangkan langsung dari Indonesia sehingga dijamin keasliannya.

Diakui Rini, dari seluruh produk-produk kerajinan dan makanan khas Indonesia yang ditampilkan dalam FCA 2016, yang paling menarik perhatian warga Meksiko adalah batik dan produk-produk kerajinan, seperti patung dan topeng, mengingat mayoritas warga Meksiko memang sangat tertarik dengan segala hal yang terkait dengan seni.