free html hit counter

Vietnam Diduga Tempatkan Peluncur Roket Baru di LCS

BeritaBintang –  Vietnam diduga diam-diam menempatkan beberapa peluncur roket baru di pulau-pulaunya yang berada di wilayah sengketa Laut China Selatan. Peluncur roket ini diduga dijadikan bagian dari pengamanan untuk menangkal manuver militer China di wilayah sengketa tersebut.

Sebagaimana dikutip dari BintangBola.Co , Rabu (10/8/2016) informasi ini didapatkan dari para pejabat negara Barat yang tidak disebutkan secara spesifik negara mana. Dilaporkan, mereka menuturkan dari data intelijen yang ada dalam beberapa bulan ini, Vietnam telah menempatkan beberapa peluncur roket di lima markas militer yang mereka miliki di Pulau Spratly.

Berdasarkan sumber tersebut, peluncur tersebut ditempatkan di lokasi yang tersembunyi dari pengintaian udara dan hingga kini masih belum aktif. Namun, sumber itu menambahkan, peluncur roket tersebut dapat langsung dioperasional dalam kurun waktu dua hingga tiga hari saja.

Reuters juga mewartakan infomasi ini disanggah oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Vietnam. Pihak Kemlu Vietnam mengatakan, informasi itu tidak akurat namun mereka menolak untuk memberikan komentar lain.

Tampaknya, tindakan yang dilakukan Vietnam ini demi menunjukkan mereka siap menangkal pengaruh China di LCS, khususnya di kepulauan Spratly. Dilaporkan, penempatan peluncur roket ini juga bisa sebagai bentuk respons Vietnam terhadap pembangunan instalasi militer dan radar oleh China di wilayah LCS.