free html hit counter

Vettel: F1 Sebaiknya Menggunakan Mesin Naturally Aspirated

BeritaBintang –Pembalap tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, mengatakan sebaiknya power unit Formula One diganti menggunakan mesin dengan daya hisap piston, yang dinamakan Naturally Aspirated. Sebab, penggunaan daya tersebut dapat mengurangi biaya pasokan di ajang balap Formula One (F1).

Pembalap F1 mendapatkan jatah lima mesin turbo selama satu musim. Lantas untuk biaya operasional mesin tersebut bisa menelan biaya sebesar USD320 juta per tahun atau setara Rp 4,3 triliun.

Para kontestan jet darat saat ini menggunakan mesin V6 hybrid yang kabarnya akan digunakan hingga tahun 2020. Menggunakan mesin turbo tersebut dinilai sebuah langkah pemborosan.

“Saya pikir peraturan mesin saat ini terlalu mahal, dan akan sangat bermanfaat jika ada suatu alternatif lain untuk memangkas biaya yang tinggi,” ucap Vettel mengutip Indowins, Senin (11/4/2016).

“Saya tetap berpegang pada apa yang saya katakan bahwa power unit ini terlalu mahal. Mereka telah menghabiskan banyak uang. Kami telah berusaha untuk mengikuti perubahan aturan, saya pikir banyak masalah yang kita hadapi sekarang, lantas membuat kita terjebak di dalamnya,” pungkas pembalap berusia 28 tahun tersebut.