free html hit counter

Uno: Penutupan Jalan Jati Baru Tak Langgar UU

BeritaBintangUno: Penutupan Jalan Jati Baru Tak Langgar UU

Penutupan Jalan Jati Baru yang diperuntukkan untuk pedagang kaki lima, atau PKL Pasar Tanah Abang menjadi pro dan kontra. Banyak yang menyebut penutupan tersebut melanggar UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya sudah mengklarifikasi bahwa hal tersebut tidak melanggar UU. Bahkan, ia menyebut penutupan ini layaknya pelaksanaan car free day pada setiap akhir pekan.

“Sudah diklarifikasi bahwa ini tidak langgar UU. Sebetulnya, ini sejalan dengan apa yang dilakukan juga kalau car free day dan car free night, waktunya terjangkau,” kata Sandiaga kepada Agen Poker di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

[Baca Juga -“MUI Imbau Masyarakat Waspada Isu SARA di Tahun Politik“]

Menurutnya, penutupan jalan ini adalah kebijakan Pemprov DKI Jakarta, guna memastikan lapangan pekerjaan untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Hal itu, kata Sandi, juga sama hal nya dengan pemberlakuan car free day yang memberikan ruang terbuka hijau kepada masyarakat untuk berolahraga.

“Tentunya ini adalah kewenangan dari Pemprov, dalam tentunya melihat kebijakan ini untuk memastikan beberapa temuan di lapangan. Misalnya, kan car free day itu kan diadakan kenapa? Karena, kita kurang ruang terbuka dan kita perlu masyarakat beraktivitas bergaya hidup sehat berolahraga,” katanya.