free html hit counter

Unik, Foto-Foto Kecelakaan Mobil di Tahun 1930-an

BeritaBintang –Karya foto hitam-putih mantan fotografer harian Boston Herald-Traveler, Leslie Jones, cukup mencengangkan. Ia mengabadikan kecelakaan-kecelakaan yang terjadi di awal era industri mobil yakni di tahun 1930-an.

Jones yang bekerja di Boston Herald-Traveler sejak 1917 hingga 1956 mengabadikan ratusan kecelakaan mobil, baik ringan maupun fatal.

“Leslie Jones memiliki sesuatu yang tidak dapat diajarkan, yang mengubah teknologi menjadi karya seni,” ungkap Aaron Schmidt, seorang pejabat Perpustakaan Umum Boston, seperti dikutip dari Taruhan Bola Online.

Di perpustakaan itulah karya-karya foto Jones didigitalisasi sehingga semua orang bisa melihatnya.

Menurut Schmidt, Jones mampu merekam sebuah momentum kecelakaan dan menonjolkan sisi dramatis sehingga meninggalkan kesan.

“Ia akan menonjolkan dan mendramatisasi sebuah kehancuran di peristiwa kecelakaan sebagai bukti dari sebuah kejadian yang keras. Ia mampu mengungkapkan sisi detail dari sebuah kecelakaan hingga menimbulkan emosi bagi orang yang melihatnya,” ungkap Schmidt.

Mobil yang hancur, puing sisa kecelakaan, dan orang-orang yang berkumpul di sekelilingnya, mampu menyentak sisi kemanusiaan.

Di antara foto yang ditunjukkan ada sebuah truk seberat 8 ton yang ambles bersama jembatan di Boston. Bagian belakang truk masuk ke lubang besar. Di situ tampak pengemudi masih di dalam truk untuk keluar.

Berita Online

Berikutnya ada sebuah truk yang berada di sebuah gedung di lantai yang tinggi di East Cambridge, Boston, nyaris jatuh setelah menabrak tembok.

Foto lainnya, seorang polisi berusaha menarik mobil yang tercebur ke sungai yang dipenuhi es di Boston. Hanya bagian belakang mobil yang terlihat.

Berita Online

Ada pula sebuah mobil yang nyaris terpotong dua setelah menabrak pohon di Auburndale, Massachusetts. Tampaknya pengemudi tidak bisa mengontrol laju kendaraan karena jalan dipenuhi salju. Kondisi mobil sudah hancur.

Berita Online

Peristiwa kecelakaan yang tidak kalah menariknya terjadi pada sebuah mobil yang terguling di halaman rumah setelah menghantam pagar. Selain itu ada pula mobil lainnya masuk ke tangga basement di pinggir jalan.

Berita Online

Angka kecelakaan di era 1930-an cukup tinggi sehingga Presiden Franklin D Roosevelt mendesak para gubernur untuk berupaya menekan angka kematian akibat kecelakaan.

Di era 1930-an teknologi keamanan kendaraan mulai diremajakan, seperti fitur rem hidrolik mulai digunakan pada mobil-mobil yang diproduksi saat itu.