free html hit counter

Uji Obat Ganja di Prancis, Satu Tewas dan Lima Kritis

BeritaBintang –   Satu orang telah dinyatakan meninggal secara klinis dan lima orang lainnya dalam kondisi kritis setelah menjalani uji klinis yang dilakukan oleh laboratorium swasta di Rennes, Prancis. Uji klinis itu menggunakan produk obat analgesik yang mengandung ganja.

Tiga dari 90 orang yang mengambil bagian dalam uji coba itu kemungkinan menderita kerusakan ireversibel. Demikian disampaikan seorang dokter dalam briefing di televisi yang diselenggarakan Menteri Kesehatan Prancis, Marisol Touraine, hari Jumat.

Uji produk obat yang mengandung ganja itu disetujui oleh Departemen Kesehatan. Touraine mengatakan bahwa pasien yang menggunakan obat berulang kali memiliki reaksi yang merugikan.”Kecelakaan dari ‘gravitasi’ yang luar biasa,” sebut Touraine yang menambahkan bahwa semua relawan sedang dihubungi, seperti dikutip Bioskopsemi , Minggu (17/1/2016).

Menurut Departemen Kesehatan, tes naas dilakukan oleh lembaga swasta berlisensi yang mengkhususkan diri dalam melakukan uji klinis. Lembaga itu dirancang untuk mengevaluasi keamanan, ketahanan,dan profil farmakologi.

Pihak laboratorium telah memberitahu ANSM (Badan Nasional Prancis untuk Obat dan Produk Kesehatan) tentang masalah itu. Jaksa penuntut umum mulai membuka penyelidikan atas insiden tersebut.