free html hit counter

Turki Akhiri Fase Grup dengan Kemenangan 2-0 atas Ceko

BeritaBintang – Turki menutup fase grup Piala Eropa 2016 dengan kemenangan 2-0 atas Republik Ceko. Hasil ini menjaga kans Turki lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat ketiga terbaik.

Pada laga terakhir Grup D yang dihelat di Stade Bollaert-Delelis, Rabu (22/6/2016) dinihari WIB, Turki mencetak gol-gol kemenangan lewat Burak Yilmaz dan Ozan Tufan di masing-masing babak.

Turki sendiri bermain efisien meski kalah penguasaan bola dengan 45 berbanding 55 persen dan juga total attempts. Dilansir Panduan Judi Online Ceko bikin 12 attempts dengan lima on target, sementara dua attempts on target Turki semuanya jadi gol dari total delapan attempts.

Kemenangan pertama Turki ini membuat mereka finis posisi ketiga dengan tiga poin dan masih memelihara peluang lolos ke fase gugur sebagai peringkat ketiga terbaik. Sementara Ceko jadi juru kunci dengan satu poin.

Jalannya Pertandingan

Ceko langsung ambil inisiatif serangan dan mendapat peluang di menit kelima lewat Vladimir Darida. Namun, sepakan Darida hanya menyasar sisi gawang Volkan Babacan.

Sementara Turki langsung bikin gol dari peluang pertamanya di menit ke-10. Emre Mor melakukan akselerasi dari sisi kanan dan mengakhiri dengan umpan tarik ke tiang dekat. Di sana ada Burak Yilmaz yang menyambutnya dengan sontekan ke pojok atas gawang Petr Cech.

Ceko berupaya membalas namun serangan mereka kerap mental di barisan pertahanan Turki. Absennya Tomas Rosicky membuat Ceko kehilangan jenderal permainan di lini tengah yang punya umpan-umpan ciamik ke para pemain depan.

Satu peluang didapat lagi oleh Ceko di menit ke-18 ketika bola korner disambut tandukan Tomas Sivok tapi masih membentur mistar gawang.

Ceko terus membombardir pertahanan Turki dan mendapat lagi kans bikin gol pada menit ke-24. Tomas Necid mendapat ruang tembak tapi sepakannya masih melayang di atas mistar.

Empat menit setelahnya Turki melancarkan serangan balik, lagi-lagi Mor menjadi aktornya lewat sisi kanan dan dituntaskan dengan umpan kepada Volkan Sen. Tapi, sepakan jarak dekat Sen bisa dibendung Cech.

Setelahnya laga berjalan relatif dengan tempo datar dan tak ada lagi peluang berbahaya dari kedua tim sehingga babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan Turki.

Masuk di babak kedua, Ceko kembali tancap gas demi mencari gol penyama kedudukan.

Peluang Ceko ada di menit ke-59 ketika Necid mendapat ruang tembak di kotak penalti tapi sepakannya bisa ditepis Babacan.

Turki justru mampu menambah keunggulan pada menit ke-65 lewat gol Ozan Tufan. Berawal dari buruknya pertahanan Ceko, Selcuk Inan mengirimkan crossing ke tiang dekat dan Yilmaz menerimanya.

Yilmaz pun langsung mengoper kepada Tufan yang menembak bola ke pojok atas gawang Ceko.

Di menit ke-79 Babacan menyelamatkan gawang Turki dari kebobolan setelah mengadang tembakan Vladimir Darida.

Hingga pertandingan berakhir, Turki tetap menang dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

Republik Ceko: Cech; Kaderabek, Hubnik, Sivok, Pudil; Pavelka (Skoda 59′), Plasil; Dockal (Sural 71′), Darida, Krejci; Necid.

Turki: Babacan; Koybasi, Topal, Balta, Gonul; Inan, Sen (Ozyakup 62′), Tufan; Turan, Mor (Sahan 69′), Yilmaz (Tosun 90′)