free html hit counter

Trump: China “Perkosa” AS dengan Kebijakan Perdagangan

BeritaBintang –Kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump, mengkritik kebijakan Pemerintah China terkait perdagangan. Trump menuduh Beijing “memerkosa” negaranya.

Dalam pidatonya di sebuah sesi kampanye di Indiana pada Minggu 1 Mei 2016, miliarder New York itu mengatakan bahwa China telah merusak persaingan bisnis dan pekerja AS.

“Kita tidak bisa terus-menerus membiarkan China menginjak negara kita. Kita harus membalikkan kedudukan. Ada kok kartu mereka yang bisa kita buka. Kita punya kuasa atas mereka,” tegas Trump, sebagaimana dikutip dari Indowin, Selasa (3/4/2016).

Trump selama ini telah berulang kali menuduh China memanipulasi mata uang. Dalam sejumlah kampanyenya, pengusaha sukses tersebut berjanji akan melakukan kesepakatan yang lebih baik dengan China untuk membantu para pebisnis AS dan juga para pekerja untuk tetap bersaing dalam dunia usaha.

Trump tidak marah dengan apa yang dilakukan Negeri Tirai Bambu terhadap AS. Akan tetapi, dia marah pada Pemerintah AS yang sangat tidak kompeten dalam mengelola negara.