free html hit counter

Tren Remaja Pamer Foto Syur, Orangtua Segera Lakukan Ini

BeritaBintangKECANGGIHAN teknologi memang tidak bisa dibendung lagi. Perilaku penyimpangan remaja seperti bertukar foto atau video syur tengah menjadi tren.

Lantas, bagaimana orangtua menanggulangi hal ini? Berikut penjelasan dari psikolog pendidikan dan anak, Elizabeth Santosa kepada Indowins, Rabu, 27April 2016.

Kebanyakan orangtua terlalu kaku hanya bisa melarang dan melarang untuk setiap perbuatan yang buruk tak boleh dilakukan oleh anak. Padahal, sesungguhnya tak hanya itu. Orangtua harus menjelaskan alasan mengapa hal itu dilarang, apa penyebab dan dampaknya, serta mengenai pro dan kontranya.

“Hari gini sudah enggak zaman melarang anak untuk melakukan ini itu, yang ada beri tahu mereka apa dampak buruk dari perbuatan yang mereka lakukan. Jelaskan pada anak bagaimana pro dan kontra sebuah perilaku. Untuk kasus ini, sering-sering ajak anak diskusi, melihat contoh yang sudah ada dan angkat kasus,” ungkap Elizabeth.

Ia menambahkan, pendidikan dari sekolah juga tak kalah penting. Faktanya, tak sedikit sekolah menengah pertama dan menengah atas yang masih minim memberikan edukasi self image pada remaja. Penting bagi remaja untuk mengetahui siapa dirinya, bagaimana citra diri yang baik dan juga yang buruk.