free html hit counter

Berita Bintang – Toyota Raize Dibanderol Mulai Rp217 Juta, Spesifikasinya

Berita BintangToyota Raize Dibanderol Mulai Rp217 Juta, Spesifikasinya

Mendekati waktu peluncuran resminya, harga Toyota Raize sudah bocor di dunia maya. Dari brosur yang beredar di dunia maya, harganya mulai ¥ 1.679.000 atau sekitar Rp 217 jutaan.

Ya, harga dalam mata uang Yen, yang berarti masih khusus pasar Jepang. Harga itu, Raize termurah tipe X dengan penggerak dua roda (2WD). Sedang dari bocoran juga terlihat varian lain, lengkap dengan harganya.

Ada empat pilihan varian untuk SUV berdimensi panjang tak sampai 4 meter itu. Mulai dari X, X”S”, G dan Z. Masing-masing bisa dipilih penggerak 2WD atau 4WD, serta dua konfigurasi berbeda. Tentu harga juga beda. Misal, untuk varian X termurah 4WD dibanderol ¥ 1.918.000 atau sekitar Rp 248 jutaan. Sementara yang paling mahal, tipe Z 4WD dilabeli ¥ 2.282.200, sekitar Rp 295 jutaan.

Lagi menurut Bintang Bola, harga masih khusus untuk pasar Jepang. Ya, Toyota Raize memang direncanakan meluncur pada hari ini di negeri Bunga Sakura. Sedang untuk negara lain masih belum ada kabar. Dimensi mungil dan bekal jantung mekanis kecil, seperti menguatkan mobil ini spesifik untuk pasar Jepang. Karena sudah umum kalau mobil di sana berdimensi ringkas dan punya kapasitas mesin kecil.

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Muda Spanyol Gunakan Kopi Sebagai Media Melukis ” ]

Dimensi

Intip saja dimensinya. Dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm, Raize punya ukuran mirip dengan LCGC Calya. Malah sedikit lebih panjang Calya dengan angka 4.070 mm. Sedang spesifikasi mesin Raize cuma 3-silinder 1.0 liter yang jelas mengejar irit bahan bakar. Klaim dari pabrikan yang tertera di brosur, Raize bisa menempuh 18,6 km untuk satu liter bensin (2WD). Sedang opsi penggerak empat roda, diklaim 17,4 km/liter. Mendukung keiritan dan tenaga, ada turbocharger pada dapur pacu Raize. Output mesinnya 98 PS dan torsi 140 Nm, disalurkan oleh CVT.

Sementara tampilan, Raize punya kesan yang sporty. Bentuknya tidak terlalu kotak (boxy), lazimnya kei car dan mobil khusus pasar Jepang. Wajahnya pun berkarisma dan membawa DNA bahasa desain RAV4 teranyar. Kesan SUV crossover diperkuat oleh pahatan bodi atletis dan over fender kekar dengan roda 17 inci. Soal desain keseluruhan, menarik dan cocok untuk pasar Indonesia.

Berpotensi Laris di Indonesia

Tapi sayang, belum ada kabar kalau mobil ini bakal beredar di Indonesia. Meski pihak Astra Daihatsu Motor (ADM) tak menampik kalau ada potensi Raize dan Rocky dipasarkan lokal. Syaratnya, tentu harus jadi produksi sendiri juga. Kalau tidak, harga bisa kelewat mahal. Boleh saja berharap SUV mungil Toyota Raize bisa segera diboyong. Bodi ringkas, mesin kecil irit nan bertenaga serta desain menawan, berpotensi laris di pasar Indonesia. Kita nantikan saja kabar baiknya – Bintang Bola.