free html hit counter

Top Sport: Rossi Hebat di Sirkuit-Sirkuit MotoGP Berikut Ini

BeritaBintangPELUANG untuk menjadi juara dunia masih terbuka untuk rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Musim lalu saja ia menguasai tabel klasemen sementara hingga seri terakhir. Nahas untuknya, kejadian kontroversial dengan Marc Marquez membuatnya terkena penalti di seri pamungkas.

Rossi pun harus merelakan gelar juara dunia berlabuh ke tangan sang rekan satu tim, Jorge Lorenzo. The Doctor sudah melupakan musim lalu, dan siap melangkah di musim ini. Demi mampu berada di jajaran rider pesaing gelar di musim ini, Rossi sudah sepatutnya mampu mendapat hasil positif.

Beberapa sirkuit terkenal akrab kepada pembalap berusia 37 tahun tersebut di lima musim terakhir ini. Berikut beberapa sirkuit yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik nomor 46 tersebut untuk meraup poin penuh musim ini, mengutip dari berbagai sumber, Selasa (15/3/2016).

GRAND PRIX PRANCIS

Balapan yang diadakan di Sirkuit Le Mans tersebut memang tidak dimenangkan oleh Rossi pada musim lalu. Ia hanya bertengger di posisi kedua saja. Namun, selain mampu mengamankan posisi kedua, rider yang pernah membela Tim Repsol Honda tersebut juga mencatatkan waktu tercepat.

Posisi kedua yang didapatkan olehnya bukan kali pertama terjadi. Pada musim 2012 dan 2014 ia juga sukses mencetak hasil yang sama. Dari lima musim terakhir MotoGP, rider gaek tersebut finis di zona podium sebanyak empat kali di sirkuit sepanjang 4,1 kilometer itu.

GRAND PRIX SAN MARINO

Pada lima musim terakhir, Rossi mampu naik podium di dua kesempatan di sirkuit Misano, San Marino. Hal itu ia lakukan pada musim balap 2014 dan 2012. Pada 2014 ia finis di posisi pertama, sedangkan pada 2012 ia berada di tempat kedua.

Mungkin saja hal yang memengaruhi adalah letak sirkuit yang masih berada di wilayah Italia, negara tempat kelahirannya. Sayangnya, musim lalu pembalap yang pernah membela Ducati tersebut hanya mampu finis di posisi kelima saja.

GRAND PRIX QATAR

Balapan di timur tengah juga menjadi favorit Rossi di lima musim terakhir. Pada musim 2013 ia sukses menggapai finis kedua, di bawah juniornya Marc Marquez. Pada musim lalu, ia membalas Marquez dengan finis di posisi pertama.

Tidak hanya sukses meraih poin penuh di Losail, Rossi juga pada saat itu sukses mencatatkan waktu tercepat yakni 1 menit 55,267 detik yang ia bukukan pada lap kelima. Lebih sensasional lagi, ia mencetak kemenangannya tersebut setelah memulai balap dari posisi kedelapan.

GRAND PRIX BELANDA

Bukan rahasia lagi jika Rossi sangat menyukai layout dari trek Assen. Hal itu dibuktikannya musim lalu di mana ia sukses meraih kemenangan dramatis. Ternyata kemenangannya tersebut merupakan yang kedua kalinya di lima musim terakhir.

Pada musim 2013, Rossi juga sukses mencatatkan hasil serupa. Pada saat itu ia memulai balap dari posisi keempat, namun mampu melejit ke posisi pertama mengalahkan Marquez dan rider pesaing lainnya. Terbuka lebar peluangnya musim ini untuk mengulangi prestasinya tersebut.