free html hit counter

Top Score: Empat Kiper Calon Pengganti Casillas

BeritaBintangSEBAGAI kiper utama, keberadaan Iker Casillas tentu sangat krusial di Timnas Spanyol. Namun dengan usianya yang tidak lagi muda, yakni 34 tahun, Casillas kemungkinan sudah tidak bisa berlama-lama lagi menjadi orang nomor satu di bawah mistar gawang La Furia Roja.

Casillas memang belum memberikan kepastian kapan dirinya akan pensiun. Namun, mantan penjaga gawang Real Madrid itu sudah memberikan pernyataan mengenai masa depannya di Timnas Spanyol usai perhelatan Euro 2016.

Dengan kondisi tersebut, maka para pendukung Timnas Spanyol pun mulai bertanya-tanya siapa yang akan mengisi posisi kiper utama setelah Casillas pensiun nanti. Jika melihat performa-performa kiper Spanyol saat ini, setidaknya ada lima nama yang dinilai layak menjadi suksesor Casillas.

Berikut lima nama kiper yang diperkirakan berpeluang besar mengganti posisi Casillas, seperti yang dirangkum Bintang, Kamis (31/3/2016):

1. David de Gea

Nama De Gea tentu masuk menjadi kandidat pertama pengganti Casillas. Betapa tidak, sejak tampil gemilang bersama Atletico Madrid dan Timnas Spanyol U-21, kiper berusia 25 tahun itu sudah diprediksi akan menjadi kiper masa depan La Furia Roja. Bersama Timnas Spanyol sendiri, De Gea debut pada Juni 2014 dan sejauh ini sudah memiliki delapan caps.

De Gea dikenal sebagai salah satu kiper yang memiliki refleks dan konsentrasi yang baik. Hal itulah yang membuat penjaga gawang Manchester United ini sangat diinginkan oleh Real Madrid. Hanya, dia dinilai lemah dalam hal menangkap umpan silang. Beberapa kali lawan ia kebobolan akibat tidak mampu mengantisipasi umpan silang lawan.

2. Sergio Asenjo

Asenjo memang tidak memiliki catatan segemilang De Gea. Meski demikian, hal itu bukan berarti membuatnya tidak memiliki peluang untuk menjadi suksesor Casillas. Setelah sempat gagal bersinar, kiper berusia 26 tahun tersebut mampu menunjukkan dirinya tak menyerah hingga bisa bangkit lagi ketika pindah ke Villareal pada musim 2013-2014.

Selain mental dan semangatnya, Asenjo dikenal memiliki kekuatan dalam hal konsentrasi serta andal dalam mengantisipasi dan mengamankan tembakan-tembakan jarak jauh. Sayangnya, kiper berpostur 182 sentimeter itu buruk ketika memberikan operan panjang ke rekan setimnya.

3. Andres Fernandez

Fernandez membuktikan dirinya memiliki kualitas bersama klubnya saat ini yakni Granada. Bersama Granada, kiper berusia 29 tahun tersebut selalu dipercaya untuk menghuni posisi starting line-up tim. Dari 29 penampilan yang sudah dijalaninya di La Liga musim ini, ia sudah dua kali menjadi man of the match.

Selama ini, Fernandez memang belum pernah merasakan bermain di Timnas Spanyol. Meski demikian, ia tetap dinilai memiliki peluang untuk menggantikan posisi Casillas. Mantan penjaga gawang Osasuna tersebut dikenal bagus dalam memberikan operan panjang kepada rekannya dan suka mengantisipasi serangan dengan cara meninju bola.

4. Vicente Guaita

Guaita tiba-tiba menjadi sosok kiper yang mendapat perhatian musim ini berkat performanya yang mengesankan bersama Getafe. Dengan performanya yang terbilang konsisten, tak heran kiper berusia 29 tahun itu selalu menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Getafe dalam dua musim terakhir.

Sama seperti Fernandez, Guaita belum sekali pun memperkuat Timnas Spanyol, baik itu senior mau pun junior. Meski demikian, kiper, yang dikenal suka mengantisipasi bola dengan tinju itu, diyakini memiliki peluang untuk memperkuat timnas suatu saat nanti. Salah satu keyakinan ini datang dari Michael Cerna, pandit senior sepakbola Spanyol, yang menilai Guaita sebagai salah satu kiper terbaik Negeri Matador yang berusia di bawah 30 tahun.