free html hit counter

Tips Merawat Sepeda Motor Klasik

BeritaBintang –Memiliki sepeda motor klasik kini menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih lagi jika model yang dimiliki terbilang langka. Namun, memilikinya saja tentu tidak cukup bila tidak merawatnya dengan rutin.

Perlunya memberikan perhatian khusus dalam perawatan sepeda motor klasik sangat penting agar tidak sering mogok saat dikendarai. Beberapa langkah mudah dalam perawatan sepeda motor klasik pun perlu diperhatikan pemiliknya.

Berikut ini beberapa tips perawatan mudah sepeda motor klasik menurut Nolavander, pemilik MRC Motor di bilangan Lenteng Agung, sebagaimana dirangkum Okezone, Kamis (31/3/2016):

1. Cek Pengapian

Motor klasik dengan usia pakai yang cukup lama biasanya rentan dengan sistem pengapian yang kurang maksimal. Periksa dengan rutin aki, platina, busi, dan kabel-kabel yang berhubungan dengan pengapian.

2. Ganti Oli

Karakter sepeda motor klasik tidak sama dengan motor saat ini yang masa penggantian pelumasnya bisa sampai 2.000 kilometer. Untuk sepeda motor klasik, minimal penggantian pelumas harus dilakukan dua minggu sekali agar komponen dalam mesin tidak cepat aus dan panas.

3. Perhatikan Penggunaan Bahan Bakar

Agar kinerja mesin bekerja maksimal, selalu gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, agar piston bekerja maksimal saat proses pembakaran terjadi. Jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah bisa sering terjadi knockling akibat proses pembakaran tidak sempurna.

4. Servis Rutin

Selalu lakukan servis rutin agar kondisi sepeda motor klasik tetap prima dan tidak sering mengalami masalah teknis saat dikendarai.