free html hit counter

Thailand Adakan Festival “Basah-basahan”

BeritaBintang –   Pada Rabu 13 April 2016, warga Thailand merayakan festival “basah-basahan” atau dikenal dengan istilah Festival Songkran.

Untuk menandakan tahun barunya, Thailand selalu mengadakan festival Songkran atau festival air. Pada festival ini warga di Negeri Gajah Putih akan saling mengucapkan selamat tahun baru dan semoga bahagia serta menyirami patuh Buddha dan berbagai pagoda di sana.

Namun, acara puncak dan paling ditunggu adalah para warga Thailand akan saling menyirami air kepada siapa pun yang lewat. Bahkan, Festival Songkran ini menjadi salah satu event yang paling ditunggu oleh para turis asing.

Sebagaimana dilansir dari BintangBola, Kamis (14/4/2016) pada Rabu kemarin dipersenjatai pistol air dan selang air para warga di Bangkok dan para turis asing mengerumuni jalanan di ibu kota Thailand tersebut untuk saling menyiram satu dengan yang lainnya.

Tapi, untuk tahun ini Pemerintah Thailand telah meminta pada warganya untuk menghemat air. Karena akibat fenomena El Nino yang melanda Thailand saat ini, dikabarkan negara tersebut sedang mengalami kemarau terparah dalam kurun waktu 20 tahun ini.

Dilaporkan, pihak penyelenggara di Bangkok memberikan semprotan air (biasanya pistol air) kepada para turis agar menghemat air yang akan digunakan. Pemerintah juga telah memperpendek masa festival yang biasanya diadakan 4 hari, jadi hanya 3 hari saja.