free html hit counter

Terungkap, Sosok Wanita Lain di Balik Lukisan Mona Lisa

BeritaBintang –  Lukisan Mona Lisa merupakan salah satu karya seni paling terkenal di dunia. Bukan cuma itu, lukisan yang menampilkan sosok perempuan sedang tersenyum itu bahkan menjadi bahan perdebatan di kalangan ahli seni.

Selama ini ada beberapa teori yang memperkirakan siapa sesungguhnya Mona Lisa yang dimaksud oleh Leonardo da Vinci sang pelukis masa Renaisans. Selama ini diteorikan bahwa Mona Lisa ialah Lisa Gherardini, istri dari seorang pebisnis sutera asal Florence, Italia.

Tapi seorang bernama Pascal Cotte menyatakan sesuatu yang berbeda. Telah meneliti lukisan tahun 1500an itu selama 10 tahun dan menggunakan teknologi Layer Amplification Method (LAM), Cotte menyatakan bahwa ada lukisan lain di bawah lukisan Mona Lisa itu.

Baru-baru ini Cotte memamerkan hasil penelitiannya, sebuah gambar yang diteorikannya berada di bawah lapisan ke-2 lukisan Mona Lisa. “Ia berbeda dari Mona Lisa yang selama ini dikenal,” ucap Cotte tentang sosok di gambar hasil penelitiannya, seperti dilansir dari situs Bioskop168 pada Kamis (10/12/2015).

Namun beberapa sejarawan seni enggan untuk serta-merta bersepakat dengan hasil penelitian Cotte. Martin Kemp, Emeritus Professor of the History of Art, University of Oxford, mengatakan “Ide tentang lukisan tersembunyi di lapisan ke-2 dari lukisan Mona Lisa adalah sesuatu yang rapuh. ”