free html hit counter

Terlalu Rajin Mencuci Rambut Bisa Berdampak Buruk

BeritaBintangMENYISIR rambut termasuk kegiatan yang cukup mudah dilakukan. Jika dilakukan dengan benar, maka dapat mengurangi risiko kebotakan.

Meski terbilang sederhana, namun ketika menyisir rambut tidak boleh asal. Simak cara tepat menyisir rambut dan sejumlah fakta lainnya mengenai rambut rontok seperti disampaikan Dr. Thomy Kouremada-Zioga, Hair Transplant Surgeon di The Private Clinic of Harley Street berikut ini;

Kebersihan rambut

Faktor yang menyebabkan rambut rontok salah satunya adalah kebersihan rambut. Jangan heran jika rambut sering rontok tapi Anda malas menjaga kebersihannya.

“Ada banyak kesalahan yang dilakukan. Banyak orang berpikir mencuci rambut setiap hari itu bagus padahal membawa dampak buruk,” katanya.

Penting adanya untuk mencuci rambut secara teratur untuk menjaganya tetap sehat dan kuat. Pasalnya jika rambut tidak dalam kondisi bersih, maka kotoran di rambut dapat menyumbat pori-pori dan timbul peradangan sehingga membuatnya cepat rontok.

Menyisir rambut

Kebiasaan menyisir rambut ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan rambut dan mengurangi kerontokan. Waktu yang tepat untuk menyisir rambut adalah selama 1-2 menit setiap pagi dan malam sebelum tidur.

“Kebiasan menyisir rambut dapat melancarkan aliran darah di kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut,” kata Dr. Thomy.

Mencuci rambut dengan air suam-suam kuku

Untuk menjaga kesehatan rambut, sebaiknya cuci dengan air suam-suam kuku. Perlu diketahui, mencuci rambut dengan air terlalu hangat dapat membuat kulit rambut trauma sehingga menyebabkan kerontokan.

Kemudian gunakan sampo natural yang mengandung bahan-bahan alami. Pasalnya sampo alami mengandung pH rendah yang memungkinkan rambut lebih sehat.

Penyebab kerontokan rambut wanita dan pria berbeda

Kerontokan rambut juga disebabkan oleh faktor keturunan dan fluktuasi hormon. Umumya laki-laki disebabkan oleh faktor keturunan dan wanita disebabkan oleh fluktuasi hormon.

Tidak semua kerontokan rambut dapat diobati

Kabar buruknya, tidak semua kerontokan rambut dapat diatasi. Ada beberapa kondisi di mana kerontokan rambut sulit diperbaiki. Misalnya saja faktor keturunan.

“Bagi mereka yang punya riwayat kebotakan. Memang sulit untuk diatasi, tapi setidaknya mereka bisa merawat dan memperlambat risiko kebotakan itu terjadi,” pungkasnya. Demikian seperti dikutip Agen Judi Online, Minggu (6/11/2016).