free html hit counter

Tembaki Pengungsi Jadi “Makanan Sehari-hari” Tentara Turki

BeritaBintang –  Peneliti dan aktivis Amnesty International, Andrew Gardner mengungkapkan kejadian-kejadian tentara Turki di perbatasan, menembaki pengungsi Suriah yang terdampar di perbatasan.

Jumlah pengungsi yang ditembaki semakin bertambah setiap harinya, lantaran selalu ada laporan pengungsi yang tewas seolah menembaki pengungsi Suriah jadi “makanan sehari-hari” tentara perbatasan Turki.

“Terdapat sejumlah laporan insiden di perbatasan. Kami mengumpulkan informasi tersebut pada awal 2014, ketika kami menerima banyak laporan masyarakat yang ditembaki karena mencoba melewati daerah perbatasan,” ungkap Gardner, disitat BintangBoLa RAbu (9/3/2016).

Ditambah, muncul laporan sejumlah dokter di Suriah, di mana setiap hari ada dua atau tiga warga sipil Suriah yang ditembaki karena mencoba melewati daerah perbatasan. Menurut Gardner, alasan penembakan pengungsi Suriah yang dilakukan oleh pemerintah Turki adalah demi langkah keamanan.

“Apa yang otoritas Turki sampaikan kepada kami adalah, mereka tidak mengetahui siapa yang melewati daerah perbatasan. Orang tersebut mungkin saja sekelompok tentara yang menyamar atau boleh jadi sekelompok penyelundup,” tegas Gardner.