free html hit counter

Telkom Bangun Data Center di Singapura

BeritaBintang – Perusahaan telekomunikasi Telkom Group asal Indonesia melalui anak perusahaannya, Telin Singapore, mengumumkan rencana pembangunan fasilitas data center dan hub telekomunikasi di Jurong, Singapura, pada Jumat (5/6).

Data center yang dinamakan Telin-3 ini menjadi data center ketiga yang dimiliki dan dikelola oleh Telin Singapore setelah mengoperasikan data center yang ada di Changi dan Tai Seng.

CEO Telkom Group Alex J. Sinaga mengatakan, Telin-3 tidak hanya melayani bisnis di Singapura tetapi juga di kawasan regional dan global. Fasilitas ini dibangun untuk memenuhi desain multi-tier.

“Telin-3 merupakan salah satu investasi kami di luar negeri yang sejalan dengan strategi pertumbuhan dan memperkuat layanan untuk menghubungkan mitra bisnis dan pelanggan dalam rantai pasokan digital,” ungkap Alex dalam siaran pers.

Telin Singapore telah melalui proses tender dan dipercaya pemerintah Singapura, yaitu Infocomm Development Authority of Singapore (iDA), Singapore Economic Development Board (EDB) dan Jurong Town Corporation (JTC) untuk membangun dan mengoperasikan data center di Jurong.

Data center tersebut akan dibangun di lahan seluas 8,000 meter persegi dengan gross floor area seluas 20,000 meter persegi berupa gedung 5 lantai. Data center yang ditargetkan beroperasi pada kuartal tiga 2016 tersebut diharapkan dapat memperkuat posisi Telin Singapore sebagai strategic hub bagi Telkom Group yang menghubungkan Indonesia dengan belahan dunia lainnya.

Pembangunan fasilitas ini diresmikan melalui upacara penggalian pondasi pertama uang dihadiri oleh pemerintah dari kedua negara, yaitu Menteri BUMN Indonesia Rini M. Soemarno dan Senior Minister of State (Trade and Industry) Singapura Lee Yi Shyan.