free html hit counter

Teknik Sulam Sulap Motif Nusantara Jadi Indah

BeritaBintang –    SIAPA sangka jika teknik menyulam dapat membuat sebuah busana menjadi indah. Terutama untuk menyulam motif-motif nusantara yang etnik.

Di tangan fesyen desainer yang sudah terlatih untuk menyulam, sebuah motif terlihat hidup dalam sebuah busana. Seperti yang dihadirkan oleh Lenny Agustin, Samuel Wattimena, dan Stephanus Hammy dalam prescon ‘Kerajinan Sulam Kalimantan Barat’, Sabtu 12 Maret 2016.

Dengan mengangkat motif Kalimantan Barat membuat busana nusantara menjadi modern, dan stylish. Misalnya saja pada salah satu karya Stephanus yang sempat dihadirkan di dalam jumpa pers yang diadakan di Jakarta Convention Center (JCC).

Stephanus mengusung model busana blazer panjang, yang kemudian diaplikasikan sulam bermotif Kalimantan Barat. Warna-warna etnik seperti kuning, biru, merah, pink dan hijau dipadukan dengan motif tribal yang khas membuat busana nusantara ini sangat memukau.

” Kali ini Stephanus hammy memakai blazer untuk mengaplikasikan teknik menyulamnya, kemudian dia juga memakai motif Kalimantan Barat,” jelas Samuel.

Blazer tersebut kemudian dipadukan dengan inner bewarna hitam, dan celana crop yang modern. Perpaduan ini menunjukan jika busana nusantara bisa dipakai untuk mix match dengan pakaian modern.

” Ya, kehadiran blazer ini menunjukan jika kini pakaian nusantara dapat dipakai untuk busana modern lainnya, dan tidak kuno,” jelas Samuel.

Sementara di sisi lain, pakaian pria juga disulap ciamik dengan teknik menyulam. Pada pakaian pria motif Kalimantan, dipakai sebagai aksesori jaket. Kemudian, jaket tersebut dipadukan dengan sarung etnik yang membuat gaya pria menjadi kasual.