free html hit counter

Tegas! Utus Menlu ke Myanmar, Jokowi Tunjukkan Aksi Nyata terhadap Rohingya

BeritaBintang –  Tegas! Utus Menlu ke Myanmar, Jokowi Tunjukkan Aksi Nyata terhadap Rohingya

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi untuk menjalin komunikasi dengan otoritas Myanmar untuk bisa selesaikan konflik kemanusiaan yang terjadi di Rohingya. Selain itu, Jokowi mengaku telah memberikan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat di Rohingya sebagai bentuk keprihatinan masyarakat Indonesia.

“Saya tugaskan Menlu untuk menjalin komunikasi. Pemerintah telah mengirim bantuan makanan dan obat-obatan,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu 3 September 2017, malam.

Bahkan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menegaskan, perlu aksi nyata untuk menyikapi aksi kekerasan terhadap Rohingya. Sebagai Kepala Negara, Jokowi juga menyesalkan krisis kemanusiaan di Myanmar tersebut.

[Baca Juga -“Kasus First Travel Termasuk Menista Agama? Ini Kata MUI“]

“Saya dan seluruh rakyat Indonesia, kita menyesalkan aksi kekerasan yang terjadi di Myanmar (Rohingya). Perlu sebuah aksi nyata, bukan hanya pernyataan kecaman,” ujar Jokowi di Istana Merdeka.

Seperti diketahui, Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Lestari Priyansari Marsudi bertolak ke Myanmar untuk bertemu dengan Menteri Menlu Myanmar Daw Aung San Suu Kyi guna membahas situasi yang semakin memanas di Rakhine. Pertemuan itu merupakan bagian dari Pemerintah Indonesia untuk memulihkan keamanan dan stabilitas di Rakhine.

“Atas perintah Presiden dan setelah berkomunikasi dengan Pemerintah Myanmar, sore ini, 3 September, saya akan berangkat menuju Myanmar untuk bertemu dengan Menlu Myanmar, Daw Aung San Suu Kyi,” demikian disampaikan Menlu Retno melalui pernyataan kepada media Judi Poker.