free html hit counter

Target 20 Juta Wisman, Joglosemar Promosikan Wisata Unggulan

BeritaBintang –Jogja, Solo, Semarang (Joglosemar) sebagai salah satu dari sepuluh destinasi unggulan dinilai penting untuk mengembangkan ‘Destination Brand’. Hal ini untuk menarik minat dan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, Aris Riyanta mengatakan kebutuhan akan ‘destination branding’ adalah sebuah keniscayaan sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata guna memenuhi target kunjungan wisman yaitu sebanyak 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada tahun 2019.

Dalam hal ini, seperti dikutip dari TaruhanBolaJudiOnline, penting untuk membangun kesepakatan bersama, di mana pariwisata adalah ‘Borderless Tourism’ yang tidak mengenal batas wilayah administrasi.

“Kami perlu dukungan dari berbagai stakeholder yang tidak hanya berhenti pada saat proses brand diciptakan, namun hingga ke strategi komunikasi pemasaran nantinya. Diperlukan pula Co-opetition, dalam hal ini meskipun terdapat persaingan antar wilayah kabupaten/kota, namun tetap harus bekerja sama guna memajukan destinasi Joglosemar secara bersama-sama,” papar Aris dalam Focus Group Disscussion (FGD) Penyusunan Strategi Branding Joglosemar di Hotel Inna Garuda Yogyakarta, Rabu(15/06/2016).

Aris menyampaikan nantinya brand yang dihasilkan harus selaras dan merupakan sub brand dari ‘Wonderful Indonesia’ sehingga memungkinkan Kementerian. Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata Joglosemar ke mancanegara lebih baik.

“Borobudur sebagai signature product yang telah dikenal dengan baik di kalangan wisman di dunia internasional merupakan ikon yang dianggap penting ditampilkan secara visual. Namun demikian perlu untuk dipertimbangkan istilah Joglosemar sebenarnya konsep pengembangan wilayah yang telah mendapatkan dukungan baik dari Presiden dan sinergi BUMN di kawasan Joglosemar, bukanlah sebagai sebuah destinasi,