free html hit counter

Tangani Asap, Malaysia Sarankan Indonesia Minta Bantuan Negara Non-ASEAN

BeritaBintang – Mengingat aset untuk menangani kebakaran hutan di Indonesia sangat terbatas, Indonesia disarankan Menhan Malaysia untuk meminta bantuan dari negara-negara non-ASEAN.

Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein mengatakan keterbatasan aset adalah masalah utama yang menghambat upaya penanganan kebakaran hutan di Indonesia.

Karenanya, Hishammuddin menyarankan Indonesia meminta bantuan dari negara-negara lain di luar ASEAN, seperti Jepang, yang menurutnya bersedia membantu.

“Kami bisa mengusulkan (permintaan bantuan) kepada (negara-negara non-ASEAN), dan sekarang mereka sedang mempertimbangkan untuk membantu,” kata Hishammuddin, Rabu (21/10/2015).

Namun, tambahnya, itu semua kembali pada kebutuhan Indonesia, seberapa besar dan seperti apa bantuan yang cukup untuk mengatasi kebakaran hutannya.

“Ini bukanlah (berdasarkan) permintaan (Malaysia), tapi Indonesia. Jika bantuan (dari negara-negara non-ASEAN) itu tidak cukup, kita harus mencari yang lebih besar lagi,” tandasnya.

Sejauh ini, menurut ABC News, empat negara sudah memberikan bantuan untuk kebakaran hutan Indonesia, termasuk Singapura, Malaysia, Australia, dan Jepang.

Sedangkan, AP mengatakan Rusia sudah mengirimkan dua pesawat amfibi Berier Be-200, yang dikatakan sudah tiba di Palembang, Rabu ini.