free html hit counter

Tanda Tangan Sang ‘Peter Pan’ Asli dari 108 Tahun Lalu

BeritaBintang – “To Mary Hodgson with kindest regards from J.M. Barrie, Jan 1907,” begitu Barrie menulis di halaman pertama buku Peter Pan edisi pertamanya. Padahal, Barrie dikenal sebagai penulis yang jarang menandatangani bukunya, apalagi mendedikasikannya untuk seseorang.

Tapi Hodgson boleh dibilang spesial. Ia merupakan suster sekaligus perawat anak untuk Llewellyn Davies, yang menginspirasi karakter Peter Pan dalam buku legendarisnya. Barrie tak sengaja berjalan ke arah mereka saat bertemu di Kensington Gardens, London, Inggris.

Peter Pan kemudian menjadi kisah yang mendunia. Buku langka yang berisi tanda tangan dan tulisan Barrie, ditemukan pemburu buku David Brass, Januari lalu. Buku edisi pertama itu akan menjadi satu dari banyak hal menarik yang ditampilkan di pameran buku antik London International Antiquarian Book Fair, pada bulan ini.

“Saya tahu siapa Mary Hodgson dan saya berpikir, ‘wow ini sangat luar biasa’. Lalu saya mulai merisetnya lebih dalam lagi,” kata Brass saat diwawancara The Guardian. Menurutnya, Peter Pan tak bisa lepas dari Hodgson. Kisah mereka sangat legendaris.

“Mary Hodgson punya peran yang sangat penting di balik proses Peter Pan. Barry bertemu mereka di Kensington Gardens, mengakrabi mereka. Dia adalah anak yang tidak mau tumbuh. Dia sebenarnya menulis tentang dirinya sendiri, tetapi menggunakan anak-anak Mary Hodgson sebagai model di bukunya,” kata Brass.

Barrie menulis kisah Peter Pan in Kensington Gardens pada 1897. Hodgson sedang bersama anak-anak Llewellyn Davies, yakni George, Jack, dan si bayi Peter, kala itu. Barrie merasa terpesona oleh mereka dan menjadi rutin berkunjung ke taman itu. Barrie bahkan menemani dan bercerita tentang kisah peri dan bajak laut pada anak-anak Llewellyn Davies.

Namun hubungan Barrie dan Hodgson pernah mengalami masa buruk. Barrie seperti orang yang selalu membebaskan anak-anak melakukan apa yang mereka mau. Sementara Hodgson selalu mengatakan, “Tidak.” Meski begitu, Barrie toh tetap menghormati Hodgson.

Ia memberi buku berisi tanda tangan dan tulisannya untuk Hodgson, yang lalu memberinya sampul agar tak rusak dan menjaganya. Kisah Barrie bersama anak-anak Llewellyn Davies itu, sudah pernah difilmkan. Judulnya Finding Neverland, dengan Johnny Depp sebagai bintangnya.

Edisi pertama cerita itu ditawarkan Brass, yang membeli buku itu dalam lelang buku di London tahun lalu, dengan harga 20 ribu poundsterling atau Rp 412 juta. “Saya pikir ini buku yang sangat penting. Itu sebabnya saya membelinya, dan kenapa saya membawanya ke festival barang antik di London,” ucap Brass.

London International Antiquarian Book Fair ke-58 diselenggarakan di Olympia, London, Inggris, pada 28 sampai 30 Mei mendatang.