free html hit counter

Taklukkan Rumania 0-1, Albania Jaga Kans Lolos ke 16 Besar Piala Eropa

BeritaBintang – Timnas Rumania melakoni laga terakhir di Grup A Piala Eropa 2016 dengan melawan Albania di Parc Olympique Lyonnais, Senin (20/6/2016) dini hari WIB. Tampil menekan sejak menit awal, Rumania justru harus menyudahi laga ini dengan kalah 0-1 dari Albania.

Hasil positif itu pun membawa Albania kini berada di peringkat tiga dengan raihan tiga poin dan berpeluang lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2016. Sementara Rumania harus puas berada di posisi paling buncit pada klasemen Grup A Piala Eropa 2016 dengan hanya meraih satu poin seperti diberitakan Bintangbola.co

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Baru sembilan menit babak pertama berjalan, Rumania sudah memberikan ancaman nyata terhadap gawang Albania via aksi dari Alibec. Akan tetapi upaya penyerang berusia 25 tahun itu masih mampu digagalkan oleh barisan belakang kubu Albania.

Berselang 11 menit, giliran Albania yang mendapatkan peluang emasnya di pertandingan ini. Mendapatkan sodoran matang dari Hysaj, Sadiku pun lalu menyambutnya dengan sebuah sundulan. Sayang upayanya masih dengan mudah digagalkan oleh kiper Rumania, Tatarusanu.

Pada menit 28, Rumania kembali mendapatkan peluang untuk unggul lebih dahulu dari Albania. Berawal dari serangan balik yang cepat, Stanciu sukses menerima umpan Sapunaru dengan baik. Ia lalu melepaskan sepakan spekulasi yang sayangnya masih melenceng di sisi kiri gawang Albania.

Memasuki 15 menit jelang turun minum, Rumania lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang mereka di pertandingan ini. Kali ini giliran Chiricheș melalui sundulannya usai memanfaatkan sepak pojok Stancu yang masih mampu dihalau oleh Berisha.

Sadiku! Akhirnya mampu membuka keunggulan untuk Albania. Memanfaatkan umpan matang dari Memushaj, pemain klub FC Lugano itu menyambutnya dengan sundulan yang gagal diamankan oleh Tatarusanu. Kedudukan 0-1 untuk keunggulan Albania atas Rumania pun jadi penghias papan skor babak pertama laga ini.

Babak Kedua

Tertinggal satu gol dari Albania membuat Rumania memulai babak kedua laga ini dengan tempo permainan yang sangat cepat. Bahkan mereka hampir saja menyamakan kedudukan jika kans dari Stancu tidak digagalkan oleh barisan pertahanan Albania.

Saat babak kedua sudah berusia 15 menit, Rumania masih belum mampu menyamakan kedudukan. Padahal dua peluang beruntun mereka raih masing-masing dari akski Sânmărtean dan Torje. Beruntungnya kiper Albania, Bersiha bermain apik dengan mampu menghalau dua kans Rumania itu.

Berselang delapan menit, giliran Albania yang hampir menambah keunggulan mereka atas Rumania melalui aksi dari pemain pengganti, Balaj. Akan tetapi sepakan spekulasinya dari luar kotak penalti masih dengan mudah diamankan oleh Tatarusanu.

Memasuki 20 menit jelang bubaran, Albania nampaknya sudah puas dengan kemenangan 1-0 atas Rumania. Hal itu terbukti dengan lebih banyaknya mereka mengalirkan bola di area pertahanannya sendiri.

Tempo permainan kembali berjalan cepat dalam 10 menit jelang laga usai. Bahkan Albania memiliki tiga peluang emas untuk bisa menambah keunggulan mereka atas Rumania. Namun sejumlah kans itu belum mampu membuahkan hasil.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya pertandingan, tak ada gol tambahan yang mampu dicetak oleh kedua kesebelasan. Albania mampu menutup pertandingan ini dengan kemenangan 1-0 atas Rumania.

Susunan Pemain:

Rumania (4-2-3-1): Tatarusanu; Sapunaru, Grigore, Chiricheș, Matel; Prepeliță (Sânmărtean 46’), Hoban; Adrian Popa I (Andone 69’), Stanciu, Stancu; Alibec (Torje 59’).

Pelatih: Anghel Iordănescu

Albania (4-1-4-1): Berisha; Hysaj, Lenjani (Roshi 76’), Mavraj, Agolli; Basha (Cana 82’); Lila, Abrashi, Arlind Ajeti, Memushaj; Sadiku (Balaj 60’).

Pelatih: Giovanni De Biasi