Master Rapper Indonesia

Saykoji, Master Rapper Indonesia Rekaman di New York

BeritaBintangSaykoji, Master Rapper Indonesia Rekaman di New York

Saykoji menjadi salah satu rapper berkualitas milik Indonesia saat ini. Bahkan VOA Indonesia menyebut jika pemilik nama lengkap Ignatius Rosoinaya Penyami (Igor) ini sebagai Master Rapper Indonesia.

http://www.voaindonesia.com/embed/player/0/3818587.html?type=video

Saykoji terus berusaha untuk mengangkat genre musik hip-hop di Tanah Air. Tak tanggung-tanggung, Saykoji bahkan harus mencari inspirasi ke New York City sebagai pusat hip-hop dunia, untuk bekal dirinya mengeluarkan karya terbaru. Berjalan ke sudut Brooklyn mencari representasi musik hip-hop.

“Kita di hip-hop tuh sangat suka dengan apa yang namanya metafora. Nulis lirik agak puitis, kita membandingkan sesuatu dengan hal sehari-hari yang mungkin akhirnya bisa gue pakai, kaya naik subway, karena nanti kita berharap nanti Jakarta MRT-nya jadi kita akan punya pengalaman yang mirip. Lalu jalannya ketemu berbagai macam orang lihat kota dengan gedung-gedung tinggi yang padat, jadi hal memicu gue untuk nulis lirik,” jelas Saykoji dalam VOA Indonesia.

Ternyata, Saykoji tak hanya mencari inspirasi. Ia turut rekaman bersama sahabatnya, seorang rapper lokal di studio di kawasan New York.

[Baca Juga -“Lupakan Ketegangan Pilkada, Yukk Nonton Lima Gitaris Dunia di Jakarta!“]

“Gua di sini lagi ada beberapa proyek, yang ada hubungannya dengan musik, salah satunya recording bareng temen gue. Jadi kolaborasi dengan rapper sini. Gua bikin musiknya, gua rekaman di studio nanti gw bawa hasil rekamannya dan kemudian mixing di rumah,” sambungnya.

Menyambangi New York, Saykoji ingin benar-benar menampilkan musik hip-hop berkualitas. Ia mengambil tema semangat hip-hop era 90-an awal yang dianggap periode masa keemasan.

“Terus syuting video klip sama ada gue yang udah dibikin, temanya musik hip-hop akhir 80-an, awal 90-an, yang identik dengan zaman hip-hop masa keemasan. Kita keliling-keling nyari apa yang bisa orang lihat, New York tuh kaya gimana,” tandasnya.