free html hit counter

Sportpedia: Rio Punya Rekam Jejak Bagus di Sirkuit Bahrain

BeritaBintangPELUANG pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto, meraih hasil bagus di seri kedua Formula One (F1) terbuka luas. Seri kedua akan digelar di Sirkuit Internasional Bahrain pada Minggu, 3 April 2016 malam WIB. Rio berpeluang memetik poin pada seri kedua ini. Pemuda kelahiran Surakarta itu memiliki catatan manis saat menjajal Sirkuit Bahrain di GP2 edisi 2015.

Sirkuit Bahrain yang dikenal memiliki cuaca tidak pasti ternyata tak menghalangi Rio untuk naik ke podium kedua. Rio berhasil mengejutkan publik internasional saat menyalip 10 pembalap di depannya sebelum akhirnya finis di urutan kedua. Kala itu, ia memulai balapan dari posisi ke-12.

Kondisi lintasan Bahrain yang dipenuhi tikungan lebar mampu dimanfaatkan Rio untuk menyalip posisi pembalap di depannya. Meski sempat tertinggal usai pit stop, Rio mampu kembali unjuk diri dengan menyalip beberapa pembalap di depannya.

Putra Indah Pennywati dan Sinyo Haryanto itu bahkan berhasil menyalip juara GP3 musim 2012, Mitch Evan dan juara Formula 3 asal Inggris, Jordan King. Perlawanan kembali ditunjukkan pria yang menetap di Solo itu jelang akhir laga. Ia bersaing dengan Alexander Rossi untuk memperebutkan posisi kedua.

Alhasil, Rio berhasil mengasapi Rossi dan finis di posisi kedua. Sementara posisi pertama ditempati oleh Stoffel Vandoorne. Penampilan satu-satunya pembalap Tanah Air di ajang GP2 itu sukses memancing pujian dari berbagai pihak. Sejarah manis itu tentu menjadi modal penting bagi Rio jelang seri kedua F1 akhir pekan ini.

Rio yang notabene sudah mengenal karakteristik Sirkuit Bahrain berpeluang memetik poin pertamanya. Setidaknya Rio diharapkan finis di posisi 10 besar.