free html hit counter

Sportpedia: Profil Sirkuit Mugello

BeritaBintang –SIRKUIT Mugello merupakan salah satu sirkuit besar di Italia. Sirkuit ini dibangun pada 1974 dan terletak 30 kilometer dari timur laut Florence . Dalam perjalanannya dari masa ke masa, sirkuit ini digunakan untuk kejuaraan Superbike, A1GP dan MotoGP.

Mugello merupakan sebuah sirkuit yang dilengkapi teknologi canggih yang memiliki panjang lintasan sejauh 5,2 kilometer dengan perpaduan tikungan cepat dan lambat. Sirkut ini juga memiliki beberapa tikungan tajam dan banyak trek lurus yang menuntut keahlian para pembalap, serta performa dapur pacu dari setiap kendaraan.

Lintasan ekstrim ini memiliki enam tikungan ke kiri dan sembilan tikungan ke kanan dengan lebar lintasan sekira 14 meter. Sirkuit ini memiliki latar pepohonan yang menciptakan sensasi tersendiri bagi para pembalap dan juga para penonton.

MotoGP selalu dijadwalkan melintasi sirkuit ini sebanyak 23 lap setiap musimnya dengan jarak tempuh total sejauh 120,6 kilometer. Pada musim 2015, pembalap Movistar Yamaha menjadi yang tercepat dengan menyelesaikan perlombaan selama 41 menit 39,173 detik. Sedangkan rekor lap tercepat dipegang oleh Andrea Iannone dengan waktu 1 menit 46,489 detik.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menjadi pembalap yang paling sering memenangkan perlombaan di sirkuit ini. The Doctor telah meraup tujuh kali kemenangan dan mendapat lima kali pole position sepanjang kariernya di MotoGP. Sedangkan, Lorenzo baru memperoleh empat kali kemenangan di sirkuit Italia tersebut.