free html hit counter

Sportpedia: Profil Circuit de Barcelona-Catalunya, Venue GP Spanyol

BeritaBintang –SERI kelima Formula One (F1) 2016 akan digulirkan di Circuit de Barcelona-Catalunya pada 15 Mei 2016. Banyak yang bilang GP Spanyol merupakan ujian pertama para pembalap dalam kalender F1 di setiap musimnya.

Berada di Montmelo, Circuit de Barcelona-Catalunya adalah trek yang memiliki tingkat variasi yang tinggi. Trek tersebut memiliki lintasan lurus yang panjang dan bermacam jenis tikungan. Circuit de Barcelona-Catalunya kerap dilabeli sebagai all-rounder circuit.

Circuit de Barcelona-Catalunya juga memiliki fasilitas memadai untuk menunjang para pencinta F1. Trek ini memiliki kapasitas 140.170 penonton dan berlisensi grade A oleh FIA (Fédération Internationale de l’Automobile).

Tikungan satu menjadi titik overtaking yang paling dilakukan oleh para pembalap. Tikungan satu merupakan zona mengerem yang menjadi titik akhir lintasan lurus DRS (drag reduction system). Bagian luar dan dalam tikungan satu sama sulitnya untuk melakukan manuver.

Pembalap Mercedes, Nico Rosberg, masih menjadi yang difavoritkan dalam race akhir pekan nanti, sebab dia dalam tren positif setelah memenangi empat kemenangan beruntun. Terlebih pada musim lalu, pembalap berpaspor Jerman inilah yang menguasai Circuit de Barcelona-Catalunya.