free html hit counter

Sportpedia: Fungsi, Kecepatan, dan Spesifikasi Teknis Safety Car F1

BeritaBintang –BAGI para pencinta Formula One (F1) safety car memang bukan merupakan barang baru. Safety car kerap digunakan saat terjadi kecelakaan di gelaran F1 atau insiden yang tidak dapat diprediksi, seperti hujan deras.

Saat kejadian-kejadian tersebut berlangsung maka mobil-mobil pembalap F1 tidak diizinkan melintasi lintasan. Safety car baru akan mengizinkan para pembalap melewati lintasan setelah lintasan dinilai aman. Informasi mengenai hal tersebut akan diberitahu melalui radio komunikasi.

Namun para pembalap tidak langsung dapat dimulai begitu saja. Safety car akan mengiring mobil-mobil balap F1 sambil menyalakan lampu sirene berwarna jingga. Tetapi hal tersebut hanya akan terjadi di lap awal saja. Di lap berikutnya mereka akan memulai balapan kembali.

Safety car edisi terbaru untuk balap F1 mulai dipakai pada musim 2015. Otoritas F1 memilih mobil Mercedes-Benz AMG GT S yang ditenagai mesin 4.000 cc twin turbo dengan delapan silinder (V8). Mobil berwarna perak ini memiliki tujuh percepatan dan kekuatan hingga 510 horse power (HP). Mobil yang bisa berlari dari 0 km per jam sampai 100 km per jam hanya dalam tempo 3,8 detik itu menggantikan Mercedes-Benz SLS AMG yang memiliki kapasitas mesin 6.200 cc V8 dan sudah dipakai sejak 2010.