free html hit counter

Simbol Ikan Arwana di Kehidupan Warga Tiongkok

BeritaBintang –   IKAN Red Arwana biasa dikenal dengan nama ikan Silok ternyata memiliki dampak unik bagi masyarakat Tiongkok.

Kadis Kelautan dan Perikanan Kalbar, Gatot Rudiyono mengatakan di Kota Guangzhou, masyarakat memiliki tradisi jika memiliki satu ikan red arwana, maka tinggilah status orang tersebut.

“Meski red arwana berasal dari Kalbar, tetapi di Guangzhou mereka memiliki ikan tersebut berarti statusnya tinggi,” ungkapnya kepada BintangBola, Jumat (8/4/2016).

Gatot menyatakan bahwa di Tiongkok ikan red arwana selain memiliki harga tinggi, dipercaya menjadi simbol keberuntungan bagi masyarakat disana.

“Kita harusnya bangga karena red arwana di negara orang sangat dihargai tidak saja melalui materi semata tetapi juga dikenal membawa keburuntungan,” jelasnya.

Dengan adanya hal ini, Gatot berharap masyarakat Kalbar dapat mengambil keuntungan, selain dapat berbisnis ikan arwana juga dapat melakukan usaha akan pakan yang berhubungan dengan ikan silok.

“Tentu menjadi multi flyer effect bagi masyarakat terutama kita yang di Kalbar karena bisnis seperti mengembangbiakkan pakan arwana seperti kodok, kecoa dan jangkrik semakin luas,” paparnya.

Belum lagi, ditambahkan Gatot terkait bisnis yang dapat dilakukan oleh masyarakat Kalbar akan aksesoris ikan hias termasuk penjualan aquarium.

“Sehingga red arwana ini menghasilkan banyak peluang usaha yang dapat dikembangkan masyarakat Kalbar sendiri,” tutupnya.