free html hit counter

Sidney, Kota Terbaik di Dunia 2015

BeritaBintang – Kota-kota mana saja yang merupakan kota dengan reputasi terbaik di dunia? Sebuah studi yang dilakukan oleh badan riset global City RepTrak 2015 melakukan jajak pendapat kepada lebih dari 19 ribu penduduk di negara-negara G8, yaitu Perancis, Jerman, Italia, Inggris, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, dan Rusia.

Para responden diminta menilai 101 kota terbaik di dunia berdasarkan tingkat kepercayaan, penghargaan, kekaguman, dan rasa hormat. “Kami melihat adanya hubungan dengan penelitian lain ketika membandingkan peringkat reputasi ini dengan data pariswisata dan investasi,” kata Fernando Prado, dari lembaga penyelenggara Reputation Institute.

“Korelasi hubungannya sangat kuat,” katanya. “Untuk sebuah kota, reputasi yang kuat dikaitkan dengan faktor-faktor seperti hasrat individu untuk berkunjung, tinggal, bekerja, atau berinvestasi di sana,” tambahnya seperti dilaporkan oleh Bioskop168.com.

“Ini harusnya menjadi masalah yang harus digarisbawahi oleh para pembuat kebijakan lokal,” kata Prado. “Kota-kota dengan reputasi baik menyambut lebih banyak turis, menjadi tuan rumah penyelenggaran sebuah acara, dan menarik lebih banyak investasi dan talenta.”

Berdasarkan studi terakhir dari Reputation Institute, dua kota di Australia, Sydney dan Melbourne, merupakan dua kota paling terkemuka di dunia. Kota-kota di Eropa mendominasi daftar kota-kota dengan reputasi terbaik di dunia. Lima belas dari 20 kota berada di wilayah Eropa.

Setelah keluar dari daftar sepuluh kota terkemuka pada 2014, Stockholm masuk kembali ke posisi ketiga pada tahun ini. Jawara tahun lalu, Vienna, kini menempati posisi keempat sebagai kota paling terkemuka pada 2015.

Ibukota Iran, Teheran, dan ibukota Irak, Baghdad, dengan skor masing-masing 35,4 dan 31,4 berada di posisi terakhir. Kedua kota tersebut menerima peringkat ‘reputasi buruk’ yang artinya nilai mereka lebih rendah dari 40. Moskow mendapatkan nilai ‘reputasi lemah’ masuk ke daftar kota dengan reputasi kurang baik di dunia.

Kota Asia Jauh Tertinggal

Dibanding Australia dan Eropa, kota-kota besar di Asia jauh tertinggal. Tokyo, Jepang, merupakan kota paling dihormati dalam daftar negara-negara paling terkemuka di Asia. Kota Jepang lainnya, Osaka berada pada posisi berikutnya.

Tujuan turis yang populer misalnya, kota Bangkok dan Beijing jauh tertinggal, masing-masing berada pada posisi 69 dan 85. Kendati secara umum, kota-kota di Asia memiliki kinerja lebih lemah, studi ini melaporkan bahwa kota-kota di Asia menunjukkan perbaikan yang cukup besar tahun ini.

Salah satu yang paling berkembang adalah Seoul, Korea Selatan, yang berada di posisi ke-59. Kota lain yang menunjukkan peningkatan cukup besar adalalah Karachi, Pakistan.

Sementara, Baghdad, Tehran, Tel Aviv, Moskow dan Nairobi dianggap sebagai kota dengan reputasi paling buruk di dunia. Begitu juga dengan Bogota, Meksiko dan Caracas.

Daftar kota-kota dengan reputasi paling baik di dunia:

1. Sydney, Australia

2. Melbourne, Australia

3. Stockholm, Swedia

4. Wina, Austria

5. Vancouver, Kanada

6. Barcelona, Spanyol

7. Edinburgh, Inggris

8. Jenewa, Swiss

9. Copenhagen, Denmark

10. Venice, Italia