free html hit counter

SHINee Tampak Kembali pada Debut Lagu ‘Replay’ Sepuluh Tahun Kemudian

Berita BintangSHINee Tampak Kembali pada Debut Lagu ‘Replay’ Sepuluh Tahun Kemudian

Untuk sebagian besar akting K-pop, lagu pertama mereka penting, tetapi pada umumnya tidak menjadi hit dalam karir. Trek debut biasanya dikenang oleh penggemar dengan suka memperkenalkan artis favorit mereka – tetapi secara umum, jarang berdampak, baik secara sonik maupun komersial, karena rilis bintang pop Korea lebih jauh di jalan.

Tapi untuk boy band SHINee, single pertama mereka “Replay” membantu meluncurkannya ke eselon tertinggi di dunia musik Korea, dari mana mereka mempertahankan kehadiran top-tier selama dekade terakhir.

Secara resmi dikenal sebagai “Noona, Is So Pretty (Replay),” boy band beranggotakan lima orang ini merilis lagu tersebut pada 22 Mei 2008 sebagai lagu utama dari debut EP Replay mereka. R & B pre-break-up track yang halus dan kontemporer, memperkenalkan SHINee – Onew (Lee Jinki), Kim Jonghyun, Choi Minho, Key (Kim Kibum), dan Lee Taemin – sebagai kekasih muda yang putus asa dan menyapa seorang wanita yang lebih tua; dalam bahasa Korea “noona” adalah istilah yang digunakan oleh pria terhadap wanita yang lebih tua dengan siapa mereka memiliki hubungan yang erat, mulai dari saudara sampai teman hingga pasangan romantis. Lagu ini sangat populer di Korea Selatan, dan menyebabkan grup ini memenangkan beberapa gelar pendatang baru selama acara penghargaan akhir tahun.

 

Selama bertahun-tahun, SHINee telah menjadi terkenal karena merek eksperimental mereka K-pop, yang secara teratur menampilkan grup yang memperkenalkan gaya baru musik pop dan dance ke dalam aliran musik mainstream Korea. Tapi semuanya dimulai dengan “Replay,” yang menonjol di antara lagu-lagu tari elektro-pop dan rock-infused yang dipopulerkan pada saat itu oleh band-band anak laki-laki lainnya.

“Pada saat itu, ketika kami memulai sebagai grup SHINee, judul ‘boy band kontemporer’ ditambahkan dan kami berkonsentrasi untuk menjadi seorang pemimpin tren,” Minho mengingat kembali panggilan video dari Seoul, berpikir kembali ke boy band dini hari. “Saya pikir lagu itu sendiri sangat cocok untuk zaman kita saat itu. Itu menyatakan apa yang kami ingin gambarkan sebagai konsep kami. ”

Dengan perkusi berirama, synths ketukan, dan ketukan digital bernada tinggi yang mendorong melodi, “Replay” melambung dengan crooning menggelitik kwintet. Sepenuh hati dan sentimental, memperkenalkan SHINee sebagai grup vokalis terampil – yang menurut para anggota, hampir menggelikan saat itu, sebelum bekerja pada Replay, hanya Onew dan Jonghyun yang telah berlatih di bawah label SM Entertainment untuk menjadi penyanyi. ; tiga lainnya sedang bersiap untuk menjadi rapper. Ketika mereka mendengar demo “Replay” untuk pertama kalinya, mereka terkejut bahwa mereka akan menyanyikannya.

[ Baca Juga – ” Kim Petras Meluncurkan Video Lirik Marah, Hyper – Feminim Karena’ Tidak Bisa Lebih Baik’: Tonton ” ]


“Itu adalah lagu yang keras jadi kami terus belajar aspek itu, dan tentang genre musik,” kenang Onew. “Tapi itu berhasil.” Untuk sedikitnya: member SHINee telah mengembangkan nyanyian mereka selama bertahun-tahun, dan akting ini sekarang diakui sebagai salah satu tim pertunjukan langsung K-pop yang paling stabil. Semua anggota juga telah beralih ke penulisan lagu sepanjang karir mereka – Key menulis lirik “You & I” dari mereka yang baru-baru ini The Story of Light EP. 1 terinspirasi oleh The Shape of Water – dan telah mengejar proyek solo mulai dari album mereka sendiri hingga tampil di musikal dan acara televisi.

Deretan R & B tak terduga dari “Replay” yang menuntut vokal menghasilkan sesi rekaman lagu yang memakan waktu satu hari penuh, bukan hanya beberapa jam. “Kami tidak memiliki banyak pengalaman dengan gaya dan genre musik yang berbeda,” kata Taemin. “Merekam dan melakukan‘ Replay ’adalah proses pembelajaran, karena kami fokus pada detailnya.”

Lirik, lagu itu kejutan yang sama, salah satu yang menyebabkan ketidaknyamanan dari para remaja saat itu karena sikapnya yang blak-blakan. “Ketika kami trainee, jujur, kami tidak menyukainya,” kata Key. “Bukan karena kami membenci mereka, hanya saja liriknya terasa sangat berbeda dari apa yang biasa kami saksikan dalam lirik Korea,” tambah Minho. “Itu agak mudah.”

Sifat langsung dari “Replay” adalah “memalukan,” pada awalnya untuk Key, yang mengatakan bahwa dia ingat menjadi gugup tentang bagaimana mereka seharusnya bangun di panggung dan melakukan garis seperti, “Mungkin dia dibebani oleh usia muda saya” dan ” Baginya, cinta hanyalah perasaan sekilas / tapi tidak peduli apa, itu adalah hidupku segalanya. “

Untuk member paling muda kelompok Taemin, yang memulai di SHINee sebagai pemain berusia 14 tahun tetapi akan berusia 25 bulan ke depan dan telah merilis musik solonya sendiri, nada dari single itu membantu mengatur nada untuk SHINee. “Liriknya sangat langsung, tetapi sekarang setelah saya memikirkannya, lagu itu sangat bagus,” katanya. “Saya pikir karena itu, sisa lagu-lagu awal kami memiliki lirik yang sangat langsung juga, terutama lagu ‘Amigo.'” Untuk mengejutkan rekan-rekannya, yang tertawa dengan tidak percaya pada wahyu, Taemin mengungkapkan kekecewaan bahwa “Replay” belum Sudah hit lebih besar daripada pada saat dirilis, meskipun itu menjadi salah satu lagu paling representatif K-pop tahun 2008 dilansir dari Judi Bola.

Sementara SHINee telah tumbuh dewasa dan melihat banyak perubahan selama bertahun-tahun, termasuk hilangnya Jonghyun pada akhir tahun 2017, lagu ini pada dasarnya tetap sama, selain dari beberapa rilisan ulang dan remix performa. Para anggota tidak memiliki keinginan untuk memperbarui pesan liris “Replay” untuk mencerminkan bahwa mereka semuanya berusia pertengahan hingga akhir 20-an, dan bahwa mereka lebih mungkin berada dalam hubungan dengan mitra yang lebih muda, bukan yang lebih tua. Mereka dengan gencar menolak potensi untuk mengubah hal itu, menjelaskan bahwa penggemar tindakan, yang dikenal sebagai Shawol untuk “SHINee World,” telah tumbuh lebih dewasa bersama grup. “Itu tidak bekerja seperti itu,” desak Minho.

To Key, meminta SHINee untuk tidak lagi bernyanyi untuk “Noona,” mereka berpotensi terjadi, suatu hari nanti di bulan biru. “Girls ‘Generation, mereka harus mengubah nama mereka terlebih dahulu,” katanya sambil tertawa, mengacu pada tindakan populer lain yang dibuat oleh SM. “Tidak ada lagi ‘Girls’.” (Anggota termuda grup itu, Seohyun, akan berusia 27 bulan ini.)

SHINee sedang mempromosikan trilogi 10 tahun peringatan The Story of Light mereka, tetapi akan selalu melihat kembali “Replay” untuk apa yang diwakilinya. “Di intro [lagu], ketika Anda mendengar suara detak jantung, itu membuat saya merasa seperti, ‘Oh, ini permulaan,’” kata Taemin. “Awal SHINee. Awal dari hidupku juga. ”