free html hit counter

Shashur Gompa

Berita BintangShashur Gompa

Shashur dalam bahasa lokal secara harfiah diterjemahkan menjadi & lsquo; di pinus biru & rsquo ;. Biara Shashur memang dikelilingi oleh tambalan pinus biru. Ini dapat diakses oleh 3 km berjalan menanjak melalui ladang mulai dari jalan utama di Keylong. Ada juga jalan sepanjang 5 km yang telah dibangun baru-baru ini untuk memungkinkan pengunjung mencapai Biara Shashur di dalam kendaraan.

Sebuah plakat di biara menunjukkan bahwa & ldquo; gompa ini didirikan pada 17 C oleh Lama Deva Gyatsho dari Zanskar yang adalah seorang misionaris Nawang Namgyal, raja Bhutan. Para Lama dari gompa adalah sekte Drukpa ( sekte topi merah). Namgyal mendirikan sekte ini dan nama yang berasal dari Dug, yang dalam bahasa Bhoti, diterjemahkan ke Bhutan. Sebelum Deva Gyatsho merenovasi wihara ini, ada gompa kecil. Deva Gyatsho tinggal di biara sampai kematiannya. Ketika dia dikremasi, dikatakan, bahwa hatinya tidak terbakar dan tertutup dalam gambar hitam Gyatsho.

[ Baca Juga – ” Lokasi Wisata Hiu Paus di Desa Botubarani Makin Kesohor ” ]

Gompa ini memiliki beberapa thangka halus dan satu thangka lebih dari lima belas kaki. Ada juga lukisan dinding terawat baik yang menggambarkan semua 84 siddha Buddha. Pada bulan Juni, Cham (tarian bertopeng) dilakukan oleh para biarawan di biara, yang merupakan tarian Cham paling populer di Lahaul. Ini juga dikenal sebagai Festival Tsheshu. Berjalan ke Shashur Gompa memberi pemandangan luar biasa dari sungai Chandrabhaga saat ular melewati lembah sementara awan bersuka ria dilansir dari Agen Bola.

Para biarawan di Shashur sangat membantu dan menawarkan teh kepada para pengunjung sementara ukiran di pintu biara itu rumit dan menyenangkan bagi mata.