free html hit counter

Serunya Coba Mobil Listrik Karya Mahasiswa Bandung

Berita BintangSerunya Coba Mobil Listrik Karya Mahasiswa Bandung

Pameran Indonesia International Motor Show 2018 tidak hanya diisi oleh mobil-mobil baru buatan pabrik saja, namun juga kendaraan listrik karya anak bangsa.

Tidak hanya dipajang untuk memanjakan mata, beberapa mobil bertenaga setrum itu juga bisa dicoba. Salah satunya milik Politeknik Negeri Bandung.

Tidak seperti mobil milik Shell, kendaran listrik beroda empat karya Polban itu memiliki bentuk layaknya mobil biasa, begitu juga dengan posisi duduknya.

Saat masuk ke ruang kemudi yang hanya bisa diisi satu orang, pengemudi terlebih dulu harus memakai helm dan sabuk pengaman empat titik. Cukup aneh, mengingat ini bukan mobil balap yang bisa dipacu lebih dari 100 kilometer per jam.

Menurut informasi dari mahasiswa yang bertugas memberi instruksi cara mengemudi, mobil bernama Safety Car Polban itu bisa dikendarai hingga 80 km per jam saja.

[ Baca Juga – ” Tak Kalah dari Milik Jokowi, Ini Spek Motor Custom Menaker ” ]

“Bisa lebih lagi kecepatannya, tergantung perbandingan rasio gigi yang digunakan,” ujar Fadhlian Ibrahim kepada Agen Bola.

Sebagai penggerak, digunakan motor listrik buatan Kelly dengan daya 2.000 Watt. Sumber listriknya berasal dari empat baterai, yang masing-masing memiliki tegangan 48 Volt.

Cara pengoperasiannya sangat mudah, yakni injak pedal di sebelah kanan untuk maju dan pedal kiri untuk mengurangi kecepatan.

Dibandingkan dengan mobil Shell, Safety Car Polban lebih enteng untuk dikemudikan. Injakan pedal juga tidak butuh terlalu dalam, cukup sedikit mobil langsung meluncur.

Jika butuh bergerak mundur, pengemudi cukup melepas pedal gas, menekan tombol berwarna kuning yang ada di setir sembari kembali menekan pedal gas.