free html hit counter

Sering Sakit Punggung di Kantor? Ternyata Ini Solusinya!

BeritaBintang – Sekira 80% pekerja kantoran pernah mengeluh sakit punggung. Apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan dari dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid.

Sakit punggung banyak dialami oleh pekerja kantoran yang sering menghabiskan waktu dengan duduk sepanjang hari. Hal ini sangat wajar terjadi. Pasalnya, tulang belakang tidak dirancang untuk menopang tubuh terus-menerus dalam waktu yang lama.

Duduk sepanjang hari akan mengakibatkan otot di leher, punggung, dan pinggang menjadi tegang dan kelelahan. Masalahnya, duduk di depan komputer sepanjang hari biasanya tak terhindarkan.

Lalu, bagaimana cara menghindari sakit punggung untuk Anda yang duduk di kantor sepanjang hari? Dilansir Agen Bola Online, tips sederhana yang dapat Anda praktikkan:

1. Posisikan tubuh dengan baik selama bekerja

Tubuh harus diposisikan dengan nyaman untuk mencegah ketegangan otot yang berlebihan. Posisi duduk yang baik bagi tulang belakang adalah:

• Duduk tegak atau dapat menyandar dengan topangan satu bantal

• Kaki tegak lurus menyentuh lantai

• Posisi tangan sejajar dengan meja dan keyboard

• Posisi layar komputer sejajar dengan mata

2. Gunakan kursi yang ergonomis

Kursi yang tepat untuk duduk dalam jangka waktu lama adalah kursi yang berkaki lima (bentuk kaki kursinya seperti bintang) dan dapat diatur ketinggiannya.

3. Gunakan flat shoes

Gunakan flat shoes untuk mencegah kontraksi otot punggung yang tidak perlu. Bila harus menggunakan sepatu high heels, sebaiknya sepatu tersebut dilepas saat duduk.

4. Aturan 20-20-20

Untuk menghindari ketegangan pada otot leher dan otot bola mata, terapkanlah aturan 20-20-20. Setiap 20 menit alihkan pandangan dari layar komputer, amati pemandangan atau objek lain yang jaraknya 20 kaki (sekitar 6 meter) selama minimal 20 detik.

5. Beranjak sejenak dari tempat duduk

Berikan kesempatan tulang belakang dan otot-ototnya untuk relaksasi sejenak, yakni dengan beranjak dari tempat duduk setiap 1 jam. Anda dapat melakukan latihan peregangan otot atau sekadar mengambil minum dan ke toilet.

Anda sedang ‘dikejar’ deadline sehingga tidak dapat meninggalkan meja sama sekali? Setidaknya setiap 1 jam lakukan aktivitas di meja dalam posisi berdiri dan menggerakkan kaki.

Atasi sakit punggung saat bekerja dengan mempraktikkan tips sederhana di atas. Selamat mencoba!