free html hit counter

Seperti Pesawat, Mobil Otonom di Jerman Akan Gunakan Black Box

BeritaBintang –  Teknologi otonom memang telah menjadi perangkat yang banyak dikembangkan produsen automotif. Namun penerapan teknologi ini justru menimbulkan beberapa polemik dari kecelakaan yang terjadi.

Menanggapi kondisi tersebut, Pemerintah Jerman tengah merancang undang-undang baru yang mengharuskan produsen mobil menggunakan black box seperti yang digunakan pada pesawat.

Seperti dikutip dari BintangBola.Co , penggunaan black box dianggap bisa membantu penyelidikan ketika terjadi kecelakaan pada kendaraan otonom. Sehingga black box bisa mencatat ketika sistem autopilot aktif, saat pengemudi melaju dan ketika sistem meminta agar sopir mengambil alih kemudi.

Saat ini Pemerintah Jerman melalui Menteri Transportasi, telah mengajukan proposal peraturan tentang kendaraan otonom. Dalam proposal juga disebutkan pengaturan pengemudi yang harus tetap berada di balik kemudi meski teknologi otonom tengah diaktifkan.

Sebelumnya, kecelakaan fatal yang dialami pengemudi Tesla akibat teknologi otonom membuat beberapa negara serta produsen automotif lebih memperketat peraturan maupun pengembangan sistem teknologi otonom yang akan digunakan. Dalam kecelakaan tersebut, diperkirakan teknologi otonom pada Tesal Model S tidak bekerja dengan baik.

Jika peraturan penggunaan black box disetujui, tentunya BMW, Mercy, dan Volkswagen Group menjadi produsen pertama yang menggunakan black box untuk mobil otonomnya. Jika peraturan ini disahkan, diperkirakan penggunaan black box mulai dilakukan pada 2020.