free html hit counter

Senyapnya Ulang Tahun Tuan Kim Jong-un

BeritaBintangSenyapnya Ulang Tahun Tuan Kim Jong-un

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, berulang tahun pada Minggu (8/1). Tapi tak ada perayaan meriah, meski rakyatnya mestinya tahu hari sepenting itu.

Warga Korea Utara tetap beraktivitas seperti biasa pada hari itu. Seperti biasa, pada hari Minggu pekan kedua, warga Pyongyang akan berolahraga bersama.

Kim Jong-un berusia 33 atau 34 tahun, hari ini. Dia menjadi pemimpin Korea Utara termuda, setelah mewarisi ‘tahta’ dari ayahnya, Kim Jong-il yang wafat pada 2011.

Setelah masa berkabung resmi kenegaraan berakhir, Jong-un mengadakan perayaan pada Mei tahun lalu. Momentum itu dianggap sebagai penahbisan dimulainya era kekuasaan Kim Jong-un.

Baca Juga: “ Comeback, Ed Sheeran Rilis 2 Lagu Baru

Kalender di negara itu tak memberikan catatan khusus untuk tanggal 8 Januari. Tak ada juga cerita soal ulang tahun sang pemimpin di koran pemerintah Rodong Sinmun.

Satu-satunya ‘cerita’ soal ulang tahun Jong-un pernah tercatat pada 2014, saat mantan bintang NBA Dennis Rodman mengucapkan selamat ulang tahun pada sebuah pertandingan basket eksebisi di Pyongyang.

Pejabat setempat mengatakan, tak adanya keriuhan atau pesta menandakan sikap rendah hati sang pemimpin.

Justru rencananya perayaan ulang tahun sang pendahulunya, baik sang ayah Kim Jong-il pada Februari, dan kakeknya, Kim Il-sung pada April, yang akan dilakukan secara meriah.

Sedangkan bagi Jong-un, sudah cukup penampilannya di acara tahun baru yang dihadiri puluhan ribu rakyatnya di Kim Il-sung Square di Pyongyang pada 6 Januari lalu.