free html hit counter

Sensasi Berenang Bersama Ikan di Umbul Ponggok

BeritaBintang –Wisata tirta selalu menjadi sajian yang menyenangkan untuk menikmati liburan. Berenang, snorkeling, diving, atau bahkan berselfie ria, adalah sederet aktivitas menarik yang bisa dilakukan di dalam air.

Ya, berfoto di dalam air saat ini tengah digandrungi para traveler berbagai usia. Mereka mengabadikan pose underwater terbaik seolah berada di daratan pada umumnya.

Soloraya yang enggak memiliki wilayah laut dangkal, tentu tak punya spot snorkeling yang asyik. Tapi, Umbul Ponggok yang terletak di Dukuh Sidowayah, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten ini bisa jadi solusi buat yang ngebet berfoto underwater. Kolam yang telah ada sejak zaman penjajahan Belanda tersebut memiliki tingkat kedalaman 1,5 meter – 2,6 meter.

Lantaran berupa sumber mata air alami, Umbul Ponggok memiliki dasar berupa bebatuan kali dan hamparan pasir. Kendati tak ada terumbu karang, suasana bawah air umbul tersebut dipenuhi ratusan ikan warna-warni. Mereka berenang bebas di kolam berukuran 50 meter x 25 meter.

Air yang terus menerus mengalir membuat bau amis dari para ikan ini seolah menghilang. Pengunjung pun leluasa menyelam di antara ikan-ikan, kemudian mengabadikan momen itu.

Saat ini, aksi foto underwater di Umbul Ponggok makin beragam. Selain gaya snorkeling yang lebih dulu populer, wisatawan bisa bergaya bersama sejumlah properti tak lazim ada di bawah air.

Misalnya, tenda kemping, sepeda motor, jet ski, sepeda angin, hingga kursi besi berbentuk daun cinta. Tak punya kamera underwater? Jangan khawatir. Pengelola menyediakan jasa sewa dengan tarif cukup terjangkau, antara Rp60.000 – Rp100.000.

“Sabtu lalu saya berkesempatan singgah sejenak di objek wisata ini. Dari Kota Solo, perjalanan hanya menempuh jarak sekitar 20 km, atau kurang lebih 45 menit. Umbul ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 17.00, dengan tiket masuk senilai Rp10.000 per orang. Bagi yang ingin berfoto underwater, disarankan untuk datang saat pagi hari atau menjelang senja,” ujarnya.

Pemotretan di pagi atau sore hari bakal menghasilkan gambar yang lebih bagus karena air umbul lebih jernih . Sinar matahari datang dari samping, bukan tepat di atas kepala sehingga pantulan cahayanya lebih lembut. Salah satu pengunjung asal Ambon, Dea Salong, 12, mengaku tertarik berkunjung ke Umbul Ponggok setelah melihat koleksi fotonya di Instagram.

Bersama keluarga, Dea sengaja memasukkan Umbul Ponggok sebagai salah satu daftar liburan saat berkunjung ke Pulau Jawa. “Airnya dingin dan enak dipakai berenang. Enggak bikin mata merah dan spot foto underwater-nya keren. Enggak kecewa datang jauh-jauh karena rasanya sepadan,” tuturnya kepada TaruhanBolaOnline