free html hit counter

Seniman Rusia Buat Buku Terkecil di Dunia

BeritaBintang – Seorang seniman asal Siberia, Rusia, berhasil membuat dua buku terkecil di dunia. Dua buku tersebut memiliki ukuran 88 kali lebih kecil dari pemegang rekor buku terkecil yang tercatat di Rekor Dunia Guinness.

Dilaporkan, hasil mahakarya seniman ini dipamerkan di sebuah piring berwarna emas yang diletakkan di biji bunga opium. Kedua buku superkecil itu terdiri dari beberapa halaman yang terbuat dari bahan poliester yang tipis dan dengan huruf yang dicetak melalui teknik litografi.

Vladimir Aniskin, sang seniman tersebut, mengatakan hal yang paling sulit dalam membuat dua buku terkecil ini adalah cara menyatukan setiap halaman dengan dua cincin yang terbuat dari kabel tungsten (sejenis elemen kimia) yang berukuran 5 mikron.

Ia memaparkan, untuk membuka setiap halaman pada buku itu dibutuhkan jarum yang tajam untuk diselipkan ke setiap halaman.

“Kesulitan utama dalam membuat buku ini adalah detakan jantung kita sendiri, karena detak jantung dapat mencapai ujung jari kita dan membuat instrumen yang sedang dipegang ikut bergetar mengikuti detak jantung,” ujar Aniskin, sebagaimana dilansir Russian Today, Rabu (2/3/2016).

Saya menyelesaikan karya ini sendiri tanpa bantuan orang lain. Peralatan yang saya gunakan hampir serupa dengan alat pengukir kayu, namun ukuran lebih kecil dan ukurannya pas di lengan saya,” tambahnya.

Aniskin mengatakan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar dapat menguasai metode dan teknologi untuk membuat mahakarya ini, serta membutuhkan berbulan-bulan untuk menyelesaikan setiap buku tersebut.

Buku itu memiliki ukuran 0,07 x 0,09 milimeter sehingga 88 kali lebih kecil dari pemegang rekor sebelumnya di Rekor Dunia Guinness yang berasal dari Jepang dengan ukuran 0,74 x 0,75 milimeter.

(emj)