free html hit counter

Sempat Tolak Bantuan, Indonesia Kini Minta Bantuan Sejumlah Negara

BeritaBintang – Setelah dikatakan sempat menolak tawaran bantuan internasional terkait penanganan kebakaran hutan, Indonesia kini meminta bantuan sejumlah negara.

Presiden Joko Widodo pada Kamis (8/10/2015) ini disebut meminta bantuan kepada Tiongkok, Malaysia, Singapura, Rusia, dan Jepang untuk membantu memadamkan kebakaran hutan di Indonesia.

Dalam pernyataannya yang dikutip oleh Reuters, Indonesia mengharapkan agar Singapura dan Rusia memberikan tiga pesawatnya untuk mengatasi kebakaran yang dikatakan menjadi penyebab bencana kabut asap di Asia Tenggara.

Pesawat yang diharap oleh Indonesia adalah pesawat yang dapat mengangkut 12 – 15 ton air, bukan sebatas 2 – 3 ton lagi, sebab menurut Jokowi kebakaran yang melanda berbeda dari kebakaran hutan biasa.

Sedangkan, sudah ada beberapa negara yang disebutkan telah merespon permintaan itu, di antaranya Malaysia, Rusia, dan Singapura.

Kamis ini, The Sun Daily mengabarkan bahwa Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein sudah menyampaikan Malaysia akan mengirimkan pesawat amfibi Bombardier CL415MP.

The Straits Times mengatakan Rusia telah sepakat untuk menawarkan Indonesia pesawat bom air Beriev Be-200.

Sedangkan, Singapura yang sudah lebih dulu menawarkan Hercules C-130 dan helikopter Chinook, tawarannya telah diterima Indonesia.