free html hit counter

Selamat Setelah Hilang Lima Hari Berkat “Teknik Bertahan di Semak”

BeritaBintang –  Seorang wanita asal Belanda yang berhasil selamat setelah hilang selama lima hari di negara bagian Victoria bagian Timur, karena menggunakan ‘teknik bertahan hidup di semak’ dengan menggunakan lumpur untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dan rumput laut kering sebagai selimut di malam hari.

Veronique Biunkens sebelumnya tinggal di Pusat Meditasi Budha SIBA di kawasan antara Buchan dan Gelantipy, sekitar 354 km dari Melbourne.

Hari Kamis lalu dia memutuskan berjalan kaki melihat-lihat kawasan sekitar.

Dia kemudian tersesat karena kawasan semak yang penuh dengan pepohonan dan juga tidak memiliki jalan setapak.

Berita kehilangan wanita asal Belanda tersebut baru dilaporkan empat hari kemudian.

Inspektur Mark Edwards dari Polisi Victoria mengatakan ini adalah untuk pertama kalinya seseorang bisa bertahan hidup setelah hilang begitu lamanya.

“Ketika kami menemukannya, seluruh tubuhnya dibaluti dengan lumpur, dan dia mengatakan kepada mereka yang menemukannya, bahwa dia membalut dirinya dengan lumpur guna melindungi diri dari sinar matahari di siang hari,” kata Edwards.

“Pakaiannya juga dilapisi dengan rumput laut dan dia menggunakan rumput laut itu sebagai selimut di malam hari.”

Polisi mengatakan Buikens membuat tenda di dekat sebuah sungai, sehingga dia bisa dekat dengan sumber air, segera setelah dia menyadari dirinya tersesat.

“Dia menemukan dua dahan besar yang berdekatan, dan menggunakan beberapa dahan yang lebih kecil, dan dedaunan untuk sebuah tenda,” kata Edwards lagi.

“Dia sangat pintar, dan menggunakan beberapa teknik hidup di semak untuk bisa bertahan,” tambah Edward.

Biunkens ditemukan oleh tim pencari hanya dua kilometer dari tempat dimana dia tersesat.

Menurut Edwards, adalah hal yang tepat bahwa Buikens memutuskan bertahan di satu tempat saja begitu dia menyadari telah tersesat.

“Biasanya orang mengatakan ketika kita tersesat di hutan atau kawasan semak, yang terjadi adalah mereka berjalan ke sana kemari dan akhirnya betul-betul tersesat,” ucapnya.

“Jadi sarannya adalah jangan kemana-mana lagi, cari daerah yang ada air dan perlindungan, dan bertahan saja di situ.”

Biukens bertahan selama lima hari dengan meminum air dari sungai terdekat dan sama sekali tidak mendapatkan makanan lain.

Walau begitu, ketika ditemukan, kondisinya masih cukup sehat.