free html hit counter

Sebar Ribuan Kondom ke PSK Jadi Cara Penanggulangan HIV/AIDS di Daerah Ini

BeritaBintangSebar Ribuan Kondom ke PSK Jadi Cara Penanggulangan HIV/AIDS di Daerah Ini

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) membagikan 1.400 kondom kepada Pekerja Seks Komersial (PSK) yang tinggal di Dukuh Mola (Kalimati Baru), Desa Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah.

“Kondom kami bagikan ke pengelola dan ada yang langsung dibagikan ke PSK,” terang Sekretaris KPA Kobar Muhammad Erfin Hidayat di Pangkalan Bun.

Pembagian kondom, terang Erfin, merupakan langkah untuk mencegah penularan HIV/AIDS dari para PSK dan pengguna jasa. Saat ini, kondom masih menjadi satu-satunya alat paling efektif untuk mencegah penularan virus tersebut.

[Baca Juga -“Anies-Sandi Jadi Gubernur, Haji Lulung: KJP dan KJS Akan Lebih Baik!“]

Erfin mengatakan, cara yang ditempuh KPA Kobar membagikan kondom ini untuk menekan penularan HIV/AIDS. “Pembagian kondom dilakukan sesuai dengan petunjuk KPA pusat, supaya daerah bisa menekan temuan kasus baru,” imbuhnya.

Selain itu, KPA Kobar juga menggandeng sejumlah perkumpulan dan komunitas peduli HIV/AID. Selain membagikan Kondom, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kesehatan. “Pemeriksaan dilakukan untuk mendeteksi penyakit infeksi menular seksual (IMS),” lanjut Erfin.

Data dari KPA Provinsi Kalteng, di Kobar terdapat 152 PSK yang terinfeksi HIV/AIDS, dengan rincian 134 orang terdeteksi HIV dan 18 divonis tertular AIDS. Dari jumlah itu, mendudukan Kabupaten Kobar masuk peringkat ketiga se-Kalteng.