free html hit counter

Berita Bintang – Sales Mission Danau Toba Sasar Wisatawan Kalangan Menengah Indonesia

Berita BintangSales Mission Danau Toba Sasar Wisatawan Kalangan Menengah Indonesia

Sejak masuk dalam program 10 Destinasi Prioritas, kawasan wisata Danau Toba mulai membenahi diri. Pembangunan bandara baru dan jalan tol menjadi bukti komitmen pemerintah Indonesia dalam mengembangkan tanah leluhur Suku Batak tersebut.

Namun dalam perkembangannya, pemerintah sepakat untuk melakukan percepatan pengembangan di empat destinasi superprioritas, salah satunya adalah Danau Toba. Keputusan ini merupakaan permintaan langsung dari Presiden Joko Widodo saat melakukan rapat bersama dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya pada 17 November lalu.

Tak heran jika akhir-akhir ini, Kementerian Pariwisata gencar mempromosikan Danau Toba, baik di dalam maupun di luar negeri. Salah satunya dengan mengadakan event bertajuk “Sales Mission Danau Toba Di Indonesia” yang berlangsung mulai dari 19 – 21 Oktober mendatangan. Event hasil kolaborasi Kemenpar, ASITA, dan PRHI ini digelar di main atrium Gandaria City, Jakarta Selatan.

Dalam kata sambutannya, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kemenpar, Drs. Lokot Ahmad Enda MM mengatakan, roadtrip Sales Mission Danau Toba ini memang menyasar kota-kota yang didomisili oleh para wisatawan kelas menengah ke atas. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir, wisatawan Nusantara yang paling banyak berlibur ke Danau Toba adalah Jakarta.

“Kelas menengah kita terkontrasi di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Tempo hari kita sudah melakukan roadtrip di beberapa kota, sekarang di Jakarta dan 9 November nanti akan dilangsungkan di Bandung,” ujar Lokot.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa program ini merupakan salah satu upaya Kemenpar untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Danau Toba.Sejak terpilih menjadi jadi destinasi super prioritas, Danau Toba kebagian jatah target 1 juta kunjungan wisman dari total target 20 juta kunjungan di tahun 2019 dilansir dari Judi Bola.

ayo ke toba

[ Baca Juga Berita Bintang : ” Duo Asal Kazakhstan Dituding Jiplak Lagu Island Milik WINNER ” ]

“Jadi kami harap, sales mission ini dapat mendorong pertumbuhan wisatawan di kawasan Danau Toba. Aksesnya kan sekarang sudah mudah. Wisatawan bisa memilih dari mana mereka akan masuk ke Toba, bisa dari Bandara Silangit atau Kualanamu,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Hari Wibowo, mengatakan bahwa event sales mission ini juga merupakan cara terbaik untuk mencegah warga Jakarta berlibur ke luar negeri. Seperti diketahui, selain Labuan Bajo dan Raja Ampat, destinasi favorit para generasi milenial di Ibu Kota adalah Negeri Sakura Jepang, atau negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

“Di Jakarta banyak kelas menengah yang suka liburan ke luar negeri. Daripada mereka spend di negara orang, kenapa tidak mempromosikan sekaligus membantu industri pariwisata dalam negeri saja?,” tegas Hari.

Lalu, apa saja promo menarik yang bisa didapatkan wisatawan dalam event ini? Ketua ASITA Sumatera Utara, Solahuddin Nasution, SE, MSP, menjelaskan ada sejumlah paket wisata yang sengaja ditawarkan kepada wisatawan dengan harga yang sangat terjangkau. Promo inilah yang ia sebut dengan istilah “hot deals”.

“Untuk event ini paketnya jauh lebih murah, dan pilihan hotelnya pun berbintang 3-4, karena kita bekerja sama dengan PHRI. Harga dimulai dari Rp1,4 juta – Rp1,6 juta, sudah termasuk akomodasi selama tur, transportasi, dll,” tutur Solah.

Pilihannya terdiri dari tur wisata 4 hari 3 malam dengan berbagai pilihan destinasi menarik. Hari pertama, setelah wisatawan mendarat di Bandara Kualanamu, mereka akan di bawa langsung ke Tebing Tinggi dan Pematang Siantar untuk mengeksplorasi keindahan alamnya dan membeli oleh-oleh khas daerah tersebut.

Hari kedua, setelah sarapan, wisatawan akan diajak mengeksplorasi daerah Samosir-Parapat-Brastagi, termasuk mengunjungi air terjun Sipiso-piso. Sementara pada hari ketiga, wisatawan akan mengunjungi Gereja Graha Annai Velangkani, Istana Sultan Deli, dan Mesjid Raya. Hari Keempat, acara bebas sebelum transfer ke Bandara Kualanamu.