free html hit counter

Rusia Siap Ladeni Manuver AS di Laut Hitam

BeritaBintang –  Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pihaknya akan merespons masuknya gugus tempur Angkatan Laut Amerika Serikat di Laut Hitam. Andrei Kelin, pejabat senior Kemenlu Rusia, seperti dikutip dari Reuters, Jumat, 10 Juni 2016, mengatakan, langkah tersebut merupakan upaya yang dirancang untuk meningkatkan ketegangan jelang pertemuan puncak NATO.

Menurut laporan bahwa USS Porter, kapal perusak AL AS, memasuki Laut Hitam beberapa hari lalu melalui sebuah pengerahan. Langkah tersebut “menggusarkan” Moskow karena kapal tersebut telah dilengkapi dengan sistem rudal baru.

Langkah ini sebagai usaha Washington untuk menyeimbangkan kekuatan militer Rusia yang tengah bangkit. “Tentu saja hal ini tidak sesuai dengan persetujuan kami dan tidak diragukan lagi kami akan mengeluarkan tindakan respon,” kata Kelin.

Ia menambahkan pengerahan dua kapal induk AS di Mediterania merupakan bentuk unjuk kekuatan yang akan memperdalam situasi “dingin” dalam hubungan antara Moskow dan Washington.

“Mengenai situasi keseluruhan tentu saja ada peningkatan, yang pasti akan memicu ketegangan dalam hubungan kami. Ini semua dilakukan sebelum pertemuan puncak NATO di Warsawa. Ini adalah unjuk kekuatan,” kata Kelin.