free html hit counter

Rusia Buru Penganut Sekte Kiamat Jepang

BeritaBintang –Otoritas Rusia menjalankan operasi di seantero Moskow dan Saint Petersburg dengan target penganut sekte kiamat Jepang, Aum Shinrikyo. Operasi itu menargetkan 25 tempat peribadatan sekte serta menyita perlengkapan mereka.

Sekte Aum Shinrikyo diketahui melakukan serangan gas mematikan di kereta bawah tanah Tokyo pada 1995 yang menewaskan 13 orang. Sekte tersebut dilarang di Rusia. Namun, diperkirakan terdapat 30 ribu penganut di Negeri Beruang Merah.

“Selama operasi, kami menemukan dan menyita barang-barang ritual dan media elektronik. Sebagai tambahan, kami menemukan alamat dai sejumlah partisipan aktif sekte, 11 di Moskow dan 14 di Saint Petersburg,” ujar perwakilan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Rusia, Irina Volk, sebagaimana dilansir KampusBeT  Rabu (6/4/2016).

Kemendagri mencatat 44 orang ditangkap di dua kota besar tersebut. Rusia mengklaim sekte ini tengah aktif merekrut anggota baru serta menekan para pengikutnya untuk mendanai kegiatan.

“Organisator sekte menekan korban mereka secara fisik dan psikologis untuk mengumpulkan donasi dan properti sekte,” ujar Atase Pers Komite Investigasi Rusia, Vladimir Markin.

Operasi tersebut dilakukan setelah penahanan anggota sekte di Montenegro pada Maret 2016. Sebanyak 43 warga Rusia dan 15 warga asing lainnya ditangkap terkait aktivitas sekte Aum Shinrikyo. Sejumlah 58 orang tersebut telah dideportasi dari Montenegro.