free html hit counter

RS Anak di China Galang Donasi Kotoran Feses

BeritaBintang – Rumah sakit Anak di Shanghai, China menggalang donasi kotoran atau feses untuk penelitian medis. Orang-orang yang boleh menyumbangkan kotorannya adalah mereka yang berusia antara 18 sampai 40 tahun, dan memiliki catatan kesehatan yang baik, serta jadwal BAB rutin.

Kotoran itu kemudian akan diteliti kelayakannya untuk ditransplantasikan kepada pasien anak-anak yang menderita gangguan pencernaan. Proses pencangkokan mikoorganisme baik dari kotoran manusia ini disebut Fecal Microbiota Transplant (FMT).

“Kami sudah menerapkan metode penyembuhan ini kepada anak-anak selama dua tahun. Sayangnya, persedian mikoorganisme baik dari kotoran di sini semakin menipis. Jadi kami meminta masyarakat membantu,” terang seorang dokter di RS anak tersebut, sebagaimana dikutip dari Shanghaiist, Jumat (4/3/2016).

Dokter setempat mengatakan, dibutuhkan 10 sampai 15 sampel kotoran setiap bulannya untuk melakukan penelitian tersebut. Kotoran itu jelas hanya diambil dari orang-orang yang sudah lulus cek kesehatan. Proses pendonoran sendiri biasanya akan memakan waktu selama dua jam.

Selain bermanfaat bagi kemajuan ilmu kedokteran, para pendonor juga tidak akan rugi. Pasalnya, RS anak di Shanghai itu bersedia membayar mereka seharga 200 yuan atau setara Rp403 ribu per bulan, sebagai ganti biaya transportasi.