free html hit counter

Rossi Penguasa di Sirkuit Assen

BeritaBintangJAKARTA Seri kedelapan MotoGP 2016 bakal berlangsung di Sirkuit Assen, Belanda, pada Minggu 26 Juni 2016.  Balapan tersebut akan menjadi yang ke-68 kali buat trek kebanggaan rakyat Belanda tersebut.

Tercatat, gelaran pertama terjadi pada 1949. Saat itu kelas MotoGP masih menggunakan nama kelas 500cc. Nello Pagani yang berasal dari Italia berhasil menjadi pembalap pertama yang menang di Assen dengan motor Gilera.

Sementara itu, nama pembalap veteran, Valentino Rossi, mengukuhkan dirinya sebagai penguasa Sirkuit Assen dengan meraih tujuh kemenangan. Kemenangan pertama Rossi terjadi pada 2002, saat itu dirinya masih menunggangi motor Honda.

Prestasi terbaiknya dilakukan selama dua musim berturut, ketika mengendarai Yamaha pada 2004 dan 2005.  Kemudian diikuti pada 2007, 2009, 2013, terakhir kali Rossi menang di Assen terjadi pada musim lalu, saat itu ia bersaing dengan rider Repsol Honda, Marc Marquez.

Secara tim, Yamaha menjadi produsen paling sukses di lintasan sepanjang 4,5 kilometer, sejak era MotoGP dengan delapan kemenangan. Honda membuntuti dengan punya lima kemenangan, dan Ducati sekali.