free html hit counter

Rossi Juara karena Cerdas Memilih Ban

BeritaBintang – DOHA – Ban yang digunakan Valentino Rossi ketika mengaspal di Sirkuit Internasional Losail, menjadi salah satu kunci kemenangan. Anggapan ini disampaikan Manajer Departemen Pengembangan Ban Bridgestone Motorsport, Shinji Aoki.

Di saat Andrea Dovizioso, Andrea Iannone, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez lebih memilih menggunakan ban bertipe medium compound, Rossi lebih memilih menggunakan ban bertipe hard compound. Ban pilihan Rossi dinilai Aoki sangat cocok dengan gaya bermain juara dunia tujuh kali itu. Sehingga Aoki tak heran saat tahu Rossi mampu mengalahkan pembalap unggulan lainnya.

“Valentino (Rossi) adalah pembalap yang sangat nyaman menggunakan ban bertipe hard compound. Ban bertipe ini mungkin bisa dikatakan menjadi salah satu kunci kemenangannya,” ungkap Aoki, seperti yang dilansir Ultimate Motor Cycling Magazine, Jumat (3/4/2015).

Aoki menjelaskan ban bertipe keras itu memang memberikan beberapa kelebihan dibanding tipe-tipe lainnya. Apabila dibandingkan dengan ban yang bertipe medium compound, ban yang digunakan Rossi lebih memberikan stabilitas dan ketahanan. “Ketahanan ekstra yang diberikan bannya, mendukung performa Valentino dengan baik,” jelasnya.

Kemampuan rider Italia itu mengenal dan menentukan ban mana yang akan cocok dengan gaya bermainnya, membuat Aoki kagum. Pasalnya menurut Aoki, tidak semua pembalap mampu melakukan itu, padahal itu adalah faktor terpenting yang akan mendukung performa setiap pembalap di lintasan.