free html hit counter

Roma Hantam Lazio 4-1 di Derby Della Capitale

BeritaBintang – AS Roma menegaskan diri sebagai tim pemilik kota Roma musim ini, setelah mengalahkan Lazio dengan skor telak 4-1 di laga derby della Capitale.

Roma bertindak sebagai tim tamu dalam laga di Olimpico, Minggu (3/4/2016) malam WIB. Di pertemuan pertama musim ini, Roma memetik kemenangan 2-0.

‘Serigala Ibukota’ tampil mendominasi penguasaan bola sejak awal laga, sementara ‘Si Elang’ lebih banyak menunggu. Sebuah kesalahan bertahan dari Lazio membuat Stephan El Shaarawy menjebol gawang dengan leluasa di menit ke-15. Skor 1-0 bertahan sampai jeda.

Di babak kedua, Roma menambah keunggulan melalui sepakan Edin Dzeko di menit ke-64. Sejak saat itu Lazio tampil lebih berani dan banyak menusuk lewat sisi kiri.

Usaha itu berbuah hasil. Di menit ke-75, Marco Parolo sukses menipiskan ketinggalan Lazio. Namun Lazio kemudian mendapatkan hantaman.

Di menit ke-83, Roma menjauh lagi melalui sepakan first time Alessandro Florenzi dari luar kotak penalti, menyambut bola muntah. Gol lain Roma dari Diego Perotti di menit ke-87 menuntaskan laga untuk Lazio.

Hasil ini tak mengubah posisi Roma di papan klasemen, di mana tetap menempati posisi tiga. Namun dengan nilai 63 dari 31 pekan, kini mereka menipiskan jarak dengan Napoli di posisi dua menjadi hanya empat angka.

Napoli sendiri sebelumnya kalah 1-3 dari Udinese. Sementara Lazio sendiri menempati posisi delapan dengan 42 poin.

Jalannya Pertandingan

Roma memulai laga dengan mendominasi penguasaan bola sementara Lazio melakukan pendekatan menunggu. Peluang pertama baru tercipta di menit ke-15 oleh Roma.

Radja Nainggolan melepaskan sepakan kaki kanan dari jarak jauh, tapi cuma melebar ke kiri gawang. Tak berselang lama, Roma berhasil membuka keunggulan.

Menyerang dari sisi kiri, Lucas Digne melepaskan umpan lambung ke tengah kotak penalti. Di sana ada El Shaarawy yang lepas dari pengawalan dari bek-bek Lazio dan menyundul bola ke pojok kanan gawang dengan leluasa.

Lazio beberapa kali mencoba melepaskan upaya dari luar kotak penalti, tapi kandas oleh bek-bek Roma. Percobaan dari Felipe Anderson dan Marco Parolo terhalang.

Nainggolan kembali mendapatkan peluang dari luar kotak penalti di menit ke-30, menyusul skema serangan balik. Kali ini cuma melambung.

Dua menit kemudian, El Shaarawy mengancam gawang Lazio secara langsung, hanya saja kandas di tangan Federico Marchetti.

Lazio merespons di menit ke-36 melalui eksekusi tendangan bebas Lucas Biglia. Namun masih terlalu tinggi.

Roma nyaris menambah keunggulan di menit ke-40 lewat sepakan Miralem Pjanic dari depan kotak penalti, meneruskan umpan Nainggolan. Namun tiang gawang menggagalkan terjadinya gol.

Roma terus menekan di sisa babak pertama. Tapi sundulan Antonio Ruediger dan sepakan Nainggolan belum mampu menambah keunggulan mereka.

Lima menit laga berjalan, Roma mengancam melalui sepakan Salah yang masih melambung. Semenit berselang Lazio balas mengancam lewat Candreva, tapi juga belum menemui sasaran.

Lazio mulai lebih berani menyerang sejak babak kedua dimulai. Tapi sejumlah usaha dari Danilo Cataldi, Patric, dan Marco Parolo belum cukup membahayakan Roma.

Justru Roma yang berhasil menambah gol di menit ke-64. Perotti berhasil mendapatkan bola yang terlepas dari Nainggolan, tak jauh dari kotak penalti Lazio.

Pemain asal Argentina itu lantas melepaskan sepakan keras yang menghantam tiang sebelah kiri. Bola pantulan berhasil dicocor Edin Dzeko ke gawang yang sudah kosong.

Tertinggal dua gol, Lazio mencoba tampil lebih agresif. Mereka mencoba menusuk dari sisi kiri, di mana Roma mengandalkan Alessandro Florenzi yang bukan bek sayap murni di sana.

Di menit ke-68, sundulan Wesley Hoedt dari jarak dekat menyambut sepak pojok membentur tiang gawang. Tak berselang lama, giliran sundulan Parolo dari jarak dekat meneruskan umpan Miroslav Klose yang mengancam.

Wojciech Szczesny tampil gemilang untuk menepis dengan satu tangan dan bola kemudian membentur mistar gawang. Upaya Wesley Hoedt berikutnya cuma melambung.

Tusukan Keita Balde Diao dari kiri akhirnya membuahkan hasil di menit ke-75. Umpan lambungnya disundul Klose di tiang jauh. Bola melewati Szczesny dan mengarah ke sisi kiri, yang kemudian disontek oleh Parolo ke dalam gawang.

Tapi Roma mampu membalas di menit ke-83. Sepakan first time Florenzi dari luar kotak penalti menyambut bola buangan dari sepak pojok, melesak ke pojok kiri bawah gawang Lazio.

Di menit ke-87, Roma menjauhkan keunggulan. Sepakan terukur Perotti dari luar kotak penalti bersarang di pojok kiri bawah gawang. Tak ada lagi gol tercipta di sisa waktu pertandingan.

Susunan pemain:

Lazio: Marchetti; Patric, Bisevac, Hoedt, Braafheid; Cataldi (Djordjevic 84), Biglia, Parolo; Candreva (Keita Balde Diao 56), Matri (Klose 56), Felipe Anderson

Roma: Szczesny; Florenzi, Manolas, Rudiger, Digne; Nainggolan (Falque 71), Pjanic, S Keita; Salah (Zukanovic 81), Perotti, El Shaarawy (Dzeko 60)